PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII di SMP NEGERI 1 KEDU

Print Friendly and PDF

PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII di SMP NEGERI 1 KEDU

Oleh: Kenti Herawati, S.Pd.

Guru Mata Pelajaran PPKn SMP Negeri 1 Kedu Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah


Kenti Herawati, S.Pd.



       Media pembelajaran sangatlah diperlukan oleh guru dalam menunjang dan mendukung suatu pengajaran dalam pendidikan. Media merupakan alat bantu yang digunakan guru dalam mengajar, selain menggunakan buku atau metode ceramah. Guru dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya ialah aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitur-fitur, dan kategori-kategori yang diberikan di dalamnya.

       Kegiatan belajar dan mengajar adalah suatu proses yang kompleks karena didalamnya ada interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Jika proses pembelajaran dilakukan secara formal dilakukan di lingkungan sekolah, maka interaksi yang terjadi selama proses tersebut tentu dipengaruhi oleh lingkungan yang terdiri dari peserta didik, pendidik, bahan atau materi pelajaran, serta berbagai sumber dan fasilitas pendukung lainya. Proses belajar juga merupakan proses komunikasi. Dalam proses komunikasi selalu melibatkan pendidik, peserta didik, dan materi pembelajaran. Permasalahan umum yang sering terjadi di SMP Negeri 1 Kedu diantaranya adalah Mata Pelajaran PPKn kurang diminati oleh peserta didik karena cara penyampaian guru yang monoton dan kurang menarik perhatian peserta didik. Waktu yang disediakan 3x40 menit dalam satu kali pertemuan terasa terlalu lama dan membosankan. Dengan metode ceramah yang dilakukan guru, peserta didik kurang berhasil dalam memahami materi pelajaran, sehingga dampaknya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan masih jarang siswa yang mengajukan pertanyaan, belum melakukan sanggahan, belum berani maju ke depan saat pembelajaran berlangsung, dan tidak adanya partisipasi siswa baik langsung maupun tidak langsung

       Dengan adanya media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, membuat guru menerapkan pembelajaran dengan penguasaan keterampilan baru, menciptakan sesuatu dalam pengaplikasian media pembelajaran. Bila dilihat juga, kurikulum saat ini berfokus peserta didik untuk berpikir kreatif, terampil, mandiri, serta berpacu pada teknologi, dengan tidak mengandalkan media berupa buku ataupun guru sebagai satu-satunya media pembelajaran yang dipakai dalam tataran pendidikan. Salah satu dari banyaknya aplikasi yang ada dalam dunia teknologi ialah Canva. Canva adalah sebuah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya yang disediakan dalam aplikasi Canva

       Media pembelajaran adalah segala sesuatu baik berupa fisik maupun teknis dalam proses pembelajaran yang dapat membantu guru untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. (Tafanao, 2018) Maka dari itu, pada zaman ini teknologi seperti sekarang semakin pesat dan maju, guru haruslah memilih-milih media pembelajaran apa yang cocok untuk peserta didiknya sesuai dengan lingkungannya. Pada pengembangan ini, media pembelajaran yang akan dibahas ialah aplikasi Canva. Aplikasi ini juga dapat dipakai melalui handphone ataupun laptop yang mana bisa dipakai di berbagai tempat juga ranah pendidikan dan materi. Sebagai aplikasi berbasis teknologi, Canva menyediakan ruang belajar untuk setiap guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan mengandalkan media pembelajaran salah satunya berupa aplikasi Canva. Media yang menyediakan lebih banyak template yang menarik untuk menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Sangat banyak contoh-contoh yang dapat digunakan guru dalam aplikasi Canva untuk disajikan kepada peserta didik, salah satunya ialah berbagai template menarik untuk disajikan dalam bentuk Power Point. 

       Menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva dalam Mata Pelajaran PPKn pada materi Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal kelas VII dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada hasil penilaian yang lebih bagus dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini tidak lepas dari kreativitas guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran, dengan cara penggunaan media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Media pembelajaran akan mempermudah interaksi antara pengajar dengan siswa dan membantu proses belajar lebih optimal. Penggunaan media pembelajaran canva dapat mempermudah dan menghemat waktu serta guru dalam mendesain media pembelajaran serta akan dapat mempermudah guru dalam menjelaskan materi pembelajaran.

Hasil tugas anak bisa disaksikan di link berikut ini:

https://youtu.be/-9MI5hSHpm4


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top