Mahasiswa KKN UNIVET BANTARA Kelompok 72 Bagikan Jamu dan Sosialisasi Stunting untuk Warga Desa Kayuapak

Print Friendly and PDF

 


Mahasiswa KKN Univet Bantara kelompok 72 saat membagikan jamu.


Mahasiswa KKN UNIVET BANTARA Kelompok 72 Bagikan Jamu dan Sosialisasi Stunting untuk Warga Desa Kayuapak

Sukoharjo- majalahlarise.com -Kesehatan merupakan suatu komponen penting dalam kehidupan. Untuk mendapatkan suatu kesehatan kita perlu makan makanan sehat, tidur cukup dan berolahraga. Salah Satu olahraga yang sering kita jumpai adalah jalan sehat. Jalan sehat merupakan suatu olahraga yang dikemas secara asik dan mudah dilakukan. Sehingga banyak masyarakat tertarik untuk melakukan kegiatan ini. Selain itu, jalan sehat dapat meningkatkan rasa kebersamaan dalam suatu lingkungan.

Berlatar belakang hal tersebut dan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI ke 78 tahun, pemerintah desa Kayuapak, Kecamatan Polokarto mengadakan kegiatan jalan sehat bersama warga setempat hari Minggu, 13 Agustus 2023 dengan sponsor oleh Bapak Sriyono.

Kegiatan jalan sehat ini melalui rute keliling desa dengan garis start dari kelurahan Kayuapak sampai dengan desa Suruh, kemudian kembali finish di keluarahan Kayuapak.

Pada kesempatan tersebut Mahasiswa Universitas Universitas Veteran Bangun Nusantara (UNIVET BANTARA) Sukoharjo, yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023 kelompok 72 ikut berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat. Salah satunya dengan pembagian jamu gratis bagi peserta kegiatan jalan sehat.

Ketua KKN kelompok 72, Dhea Azra, menyatakan melalui kegiatan jalan sehat ini, diharapkan dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

"Maka dari itu, kami adakan kegiatan pembagian jamu, selain itu kegiatan pembagian jamu gratis tersebut merupakan salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 72. Bertujuan untuk meningkatkan imunitas warga Kayuapak, kebetulan pas momennya ada kegiatan jalan sehat kami sekalian adakan pembagian jamu untuk peserta," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kayuapak Wahyu Jadmiko, S.H, memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya kegiatan ini. “Terima kasih kepada seluruh tim panitia serta sponsor atas terselenggaranya kegiatan jalan sehat dan bisa bermanfaat bagi warga Desa Kayuapak. Selain itu, acara ini juga mampu memberikan semangat baru kepada para warga,”paparnya.

Sosialisasi stunting kepada Ibu-ibu peserta Posyandu 

Pelaksanaan sosialisasi dilakukan secara langsung dengan sasaran masyarakat Kayuapak secara umum. Teknis sosialisasi dilakukan pada saat ada kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Dukuh Suruh, Kayuapak.

Kelompok 72 KKN UNIVET BANTARA diketuai oleh Dhea Azra, menyampaikan kegiatan sosialisasi stunting merupakan salah satu program kerja KKN kelompok 72 bertujuan memberikan edukasi kepada ibu-ibu agar lebih memperhatikan makanan untuk bayinya agar tidak mengalami dampak stunting seperti perkembangan fisik terganggu, postur tubuh pendek, resiko terkena penyakit degeneratif, dan menurunnya kemampuan belajar yang dapat terlihat ketika anak memasuki dunia pendidikan.

“Harapannya setelah diadakan sosialisasi mengenai stunting di Desa Kayuapak, orang tua menjadi lebih memperhatikan tumbuh kembang anak, sehingga anak tidak mengalami stunting. Selain itu, diharapkan dapat sedikit membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah stunting,” ungkap Mila Anis selaku anggota kelompok KKN 72 sekaligus sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan sosialisasi stunting juga dibagikan door prize bagi peserta yang aktif bertanya dan diakhir acara terdapat pembagian botol minum untuk para peserta. (Sofyan)

Baca juga: Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen dan Pendampingan Penyelenggaraan RPL ISI Surakarta Tahun 2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top