Mahasiswa KKN Unisri Ajarkan Nilai Moral Pancasila Berkaitan Sopan Santun Sejak Usia Dini di SD Negeri 1 Tawengan

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Amelia Febrian Prameswari dari Kelompok 30 KKN PPM UNISRI 2023 melaksanakan program kerja menerapkan nilai moral Pancasila.


Mahasiswa KKN Unisri Ajarkan Nilai Moral Pancasila Berkaitan Sopan Santun Sejak Usia Dini di SD Negeri 1 Tawengan

Boyolali- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN Amelia Febrian Prameswari dari Kelompok 30 KKN PPM UNISRI 2023 melaksanakan program kerja yaitu menerapkan nilai moral Pancasila berkaitan dengan sopan santun dilakukan pada anak sejak usia dini bersama siswa kelas 3 SD Negeri 1 Tawengan Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Program Kerja ini dengan tema “Nilai Moral Pancasila Berkaitan dengan Sopan Santun Pada Sila 1-5". Kamis (3/8/2023). 

Pelaksana kegiatan, Amelia Febrian Prameswari kepada majalahlarise.com menyampaikan sosialisasi mengenai Nilai-Nilai Pancasila pada anak sejak usia dini sangat tepat bila ditanamkan pada anak sejak masih usia dini. Hal ini dimaksudkan agar setelah mereka dewasa, mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nila-nilai Pancasila tersebut. Selain itu, juga perlu menanamkan moral pada anak sejak usia dini juga sangat diperlukan. Dengan demikian, anak bisa mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila, agar mereka tumbuh menjadi anak yang mempunyai moral sesuai harapan bangsa.

Mahasiswa KKN Amelia Febrian Prameswari dari Kelompok 30 KKN PPM UNISRI 2023 saat foto dengan siswa.

"Pancasila adalah dasar terbentuknya negara Indonesia dari hasil perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita, pemahaman pancasila sangat perlu dan penting bagi anak-anak dimulai usia dini, karena dalam Pancasila banyak mengandung nilai-nilai leluhur kita, nilai budi pekerti terutama nilai ketuhanan yang maha Esa. Program ini di Bidang Pendidikan dapat diartikan sebagai proses perencanaan terhadap semua hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan Pendidikan di suatu sekolah untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Agar anak-anak yang bersekolah dalam memahami Ilmu Pendidikan terkini, memberikan semangat belajar, motivasi atau dorongan untuk lebih rajin belajar dan membaca setiap hari," paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan dari program kerja ini yaitu mengasah pengetahuan anak-anak tentang pemahaman nilai-nilai dalam Pancasila yang harus diketahui selaku kita sebagai warga Negara Indonesia yang baik.

"Agar anak-anak di Desa Tawengan lebih memahami dan mengerti apa itu nilai-nilai dalam Pancasila, sejak usia dini mesti kita perkenalkan agar Nilai-Nilai tersebut dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari dari kecil hingga dewasa," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top