Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen dan Pendampingan Penyelenggaraan RPL ISI Surakarta Tahun 2023

Print Friendly and PDF

Penyelenggaraan Bimtek penyusunan dokumen dan pendampingan penyelenggaraan RPL ISI Surakarta Tahun 2023.


Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen dan Pendampingan Penyelenggaraan RPL ISI Surakarta Tahun 2023

Solo- majalahlarise.com -Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta pada tahun 2023 memperoleh Bantuan Pemerintah Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau Tipe A yang diumumkan melalui  Surat Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 3368/E2/DT.00.05/2023 tanggal 23 Juni 2023. ISI Surakarta mengusulkan Banpem Penyelenggaraan RPL untuk Prodi Seni Karawitan, Tari, Desain Interior, Kriya, dan Seni Murni.

Salah satu tujuan dari penyelenggaraan RPL Tipe A  adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat yang telah memiliki pengalaman pada suatu bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu untuk mengajukan pengakuan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperolehnya untuk memperoleh kredit akademik melalui asesmen RPL.

Bantuan Pemerintah tersebut  akan digunakan untuk melaksanakan program-program kegiatan meliputi Penyusunan/ Pemutakhiran dokumen RPL dan pendampingan penyelenggaraan RPL,  Implementasi Sistem Informasi RPL, Proses Publikasi penerimaan mahasiswa melalui jalur RPL, Penyusunan Perangkat Asesmen, Pelaksanaan asesmen, dan Penyusunan Laporan Kegiatan RPL dan Monev.

Pada  tahapan yang pertama telah diselenggarakan bimtek penyusunan/pemutakhiran dokumen RPL dan pendampingan penyelenggaraan RPL yang  dilaksanakan pada hari Rabu - Kamis, 9-10 Agustus 2023, bertepat di Lorin Solo Hotel, Jl. Adi Sucipto No.47, Kenaiban, Blulukan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Dr. Drs. Ludfi Djajanto, MBA yang merupakan Tim RPL Dikti Kemendikbudristek.

Baca juga: PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII di SMP NEGERI 1 KEDU

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor ISI Surakarta  Dr. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum., dihadiri peserta yang terdiri dari usur ketua program studi, tim kurikulum, tim asesor, perwakilan dari UPT TIK dan Biro AKP. Kegiatan bertujuan untuk menyiapkan berbagai dokumen seperti pedoman penyenlenggaraan RPL ISI Surakarta,  Standar Akademik, dan berbagai formulir asesmen. 

Ketua Tim RPL ISI Surakarta Prof. Dr. Dra. Sunarmi, M.Hum. menjelaskan kegiatan  Rekognisi Pembelajaran Lampau Tipe A sebagai bentuk peran serta ISI Surakarta  untuk berkontribusi dalam perluasan akses  pendidikan dan belajar sepanjang hayat bagi masyarakat, yang  melibatkan dosen dan praktisi dalam bentuk kolaborasi. 

Salah satu tim Kurikulum Eko Sri Haryanto, S.Sn,. M.Sn. menyampaikan Rekognisi Pembelajaran Lampau ini penting bagi para penggiat seni dan praktisi untuk mendapatkan pengakuan penyetaraan ijasah dari Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan kegiatan Bimtek Penyusunan/ Pemutakhiran dokumen RPL dan pendampingan penyelenggaraan RPL yang diselenggarakan selama dua hari tersebut berlangsung dengan baik dan sukses. 

"Dokumen-dokumen penting dalam penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau sudah berhasil diselesaikan untuk implementasi tahapan yang selanjutnya," terangnya. (Sofyan)

Baca juga: SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top