MENGAJAR MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT TEAMS SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Print Friendly and PDF

MENGAJAR MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT TEAMS SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Oleh: Deni Setiyowati, S.Pd

Guru SMP Negeri 1 Jatiroto, Wonogiri Jawa Tengah

Deni Setiyowati, S.Pd


       Akibat pandemi Covid – 19 beberapa negara menetapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, tidak terkecuali di Indonesia. Beberapa pemerintah daerah memutuskan untuk melaksanakan metode pembelajaran dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Dalam situasi pembelajaran jarak jauh sekarang ini pendidik harus pandai memilih dan mendesain media pembelajaran sebagai bagian dalam perencanaan mengajarnya. Salah satu masalah yang terjadi didalam dunia pendidikan Indonesia adalah lemahnya proses pembelajaran ditandai dengan siswa kurang bersemangat atau kurang minat untuk belajar sehingga mengakibatkan proses berfikir semakin menurun. 

       Media yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh bervariasi antar sekolah satu dengan yang lainnya berbeda terkadang antar guru juga berbeda meski dalam satu sekolah. Pemilihan media pembelajaran yang tepat mendorong siswa untuk sealalu aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang tepat dan efektif  adalah Microsoft Teams yang merupakan sebuah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan fitur percakapan kerja, rapat video, penyimpanan berkas (termasuk kolaborasi pada berkas ) dan integrasi aplikasi.

       Langkah pendidikan akan berubah dan menuntut kesiapan dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih adaptif, fleksibel,  mandiri, kontekstual, relevan, manusiawi dan merdeka, selama Covid -19 sekolah harus tetap melaksanakan pembelajaran kepada siswa (Wibowo dan Khairunnas, 2020). 

       Penulis sebagai guru matematika di SMP Negeri 1 Jatiroto menggunakan Microsoft teams sebagai media pembelajaran jarak jauh . Dalam situasi pembelajaran jarak jauh sekarang ini pendidik harus pandai memilih dan mendesain media pembelajaran online sebagai bagian dalam perencaan mengajar, hal tersebut merupakan salah satu alasan penggunaan Ms Teams sebagai media pembelajaran. Ms Teams menyediakan fasilitas untuk pembelajaran matematika dengan lengkap disertai simbol-simbol yang sering digunakan untuk pembelajaran matematika. 

       Ms Teams juga menyediakan papan tulis untuk memfasilitasi pengajar dalam menjelaskan siswa dalam pembelajaran jarak jauh karena pembelajaran matematika membutuhkan papan tulis untuk menjelaskan materi. Selain itu Ms teams juga menyediakan share screen versi Dekstop dimana tampilan di computer akan keliahatan semua dan tidak hanya power point jadi kalua pengajar ingin menjelaskan menggunakan fasilitas ms word atau file bentuk lain  akan tampil dengan jelas meski secara online.

       Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Rapat (Vicon) di Microsoft Teams dimulai dengan mengucapkan salam kemudian penyampaian materi dengan menampilkan video pembelajaran matematika sesuai materi dan KD yang disampaikan, dilanjutkan penjelasan materi. Dengan menggunakan Microsoft Teams bisa menampilkan materi yang menarik dan tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai. Setelah materi ditampilkan anak diberikan kesempatan untuk bertanya melalui rapat, sandainya ada materi yang belum jelas tentang materi matematika. 

       Setelah sesi tanya jawab selesai dilanjutkan pemberian tugas kepada siswa yang akan dikerjakan di rumah kalaupun ada kesulitan bisa bertanya melalui whatshap. Pengumpulan tugas melalui microsoft teams dilakukan dengan teknik anak menunjukkan cara atau langkah pengerjaan kemudian difoto dan dikumpulkan melalui halaman tugas ms teams. 

       Melalui penggunaan Microsoft Teams, pendidik dapat dengan mudah mendelegasikan tugas sekaligus memeriksa pekerjaan siswa dengan mudah, hanya dengan satu ketukan pendidik dapat melihat hasil pekerjaan siswa. Dalam dunia pendidikan Microsoft Teams digunakan sebagai alat untuk merancang kelas virtual, sehingga memudahkan pendidik dan peserta didik ataupun antar pendidik berkomunikasi dan berkolaborasi untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. Selain itu adanya transformasi digital di dalam pendidikan dapat dijadikan upaya untuk mewujudkan lingkungan yang go green dengan meminimalisir penggunaan kertas. Microsoft Teams dihadirkan untuk menciptakan kemudahan dan fleksibilitas dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dalam proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top