VIDEO BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR BIOLOGI JARAK JAUH

Print Friendly and PDF

VIDEO BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR BIOLOGI  JARAK JAUH


Oleh: Indras Srihastuti, S.Pd.

Guru Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri

Indras Srihastuti, S.Pd

       Pendidikan merupakan suatu wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui proses pembelajaran. Pendidikan Indonesia saat ini sangat tergantung untuk keberlangsungan proses belajar mengajar. Karena merebaknya wabah pandemi Covid-19 memberikan dampak perubahan pada cara belajar peserta didik kita. Meskipun ruang, waktu dan pergerakan individu mengalami keterbatasan akibat pandemi virus Covid-19 kegiatan pembelajaran baik di sekolah  mampu mempermudah proses belajar dan semakin menjembatani guru dan siswanya (Kanine,2010). 

       Saat ini di Indonesia diharapkan mampu menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara umum dapat diartikan sebagai pembelajaran yang memusatkan pada diri pribadi, dilatih untuk menjadi mandiri dan mempunyai tanggung jawab terhadap proses belajar masing-masing. PJJ yaitu proses pengajaran memudahkan pengajar dalam menyampaikan materi, share ilmu pengetahuan kepada siswa dengan memanfaatkan teknologi misalnya media internet melalui video secara langsung, sehingga guru dan siswa bisa bertatap muka walaupun via video call. Proses pembelajaran yang diterapkan kepada peserta didik yang tidak terpatok oleh waktu dan peserta didik akan berusaha sendiri di tempat mereka sendiri. Penyaluran materi ajar PJJ menggunakan beberapa media yaitu melalui internet dan bisa berupa modul. Pada masa pandemi seperti ini merupakan tantangan bagi seorang guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk mata pelajaran Biologi.

       Biologi merupakan suatu ilmu yang mana dalam pembelajarannya dibutuhkan pengalaman langsung dari peserta didik karena biologi selalu berhubungan dengan dirinya dan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, dalam pembelajarannya dibutuhkan kerja ilmiah yang melibatkan penguasaan konsep yang dilandasi sikap ilmiah. Pembelajaran jarak jauh yang berkualitas akan melewati proses pembelajaran antara lain pemilihan program belajar berdasarkan pada kebutuhan, pengaturan waktu belajar, waktu test, dan mempelajari tutorial, serta memanfaatkan bimbingan konseling. Beberapa kondisi harus dipenuhi untuk mendukung proses belajar seperti materi, kondisi peserta didik itu sendiri, dan media pembelajaran. Salah satu alternatifnya media pembelajran biologi yaitu video based learning.  

       Video pembelajaran merupakan media belajar dengan sifat tiga dimensi yang memungkinkan para peserta didik dapat melihat dengan jelas dan memahami konsep pelajaran keanekaragaman hayati. Oleh karena itu, penggunaan video pembelajaran dalam proses mengajar Biologi akan lebih efektif untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Video dapat membantu peserta didik memahami dan mengingat informasi, meningkatkan proses kognitif, dan meningkatkan kinerja belajar mereka. 

       Video pembelajaran telah banyak memberikan manfaat bagi manusia terutama pada peserta didik. Video pembelajaran biasanya diintegrasikan dengan aplikasi online yang bisa diakses dengan menggunakan internet. Aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan layanan untuk berbagi dan belajar melalui smartphone, sehingga ruang dan waktu dapat diatasi. Dalam dunia pendidikan dikenal dengan istilah based learning atau belajar berbasis video. 

       Video based learning adalah penyampaian pengetahuan atau ketrampilan dengan menggunakan video . Video untuk belajar harus memiliki sedikitnya dua elemen yaitu visual dan audio. Elemen visual audio berguna untuk menyediakan sumber utama informasi yang mudah dipahami dan dilaraskan dengan elemen audio yang digunakan untuk menguraikan informasi. Alasan memilih video adalah : 1) Efektif dan Efisien. Belajar menggunakan video lebih efektif dalam menjelaskan suatu informasi yang bersifat abstrak dalam waktu yang singkat. Semakin singkat video pembelajaran lebih bermakna, dibanding video dengan durasi yang panjang. 2). Pengalaman belajar yang baru. Hal ini dapat menghadirkan sentuhan hiburan saat belajar sehingga proses belajar tidak harus selalu menegangkan dan membosankan. 3) Mudah Dimengerti. Video untuk belajar dibuat dengan gambar yang bersifat realistis, didukung dengan desain grafis dan minim teks sehingga memudahkan peserta didik memahami informasi. 4). Mendukung Pembelajaran Aktif. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif saat belajar.

       Video based learning sangat efektif digunakan untuk pembeajaran jarak jauh dikarenakan pembelajaran ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan. Penggunaan video based learning sebagai media belajar jarak jauh memiliki efek yang positif dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan kinerja belajar mengembangkan minat dan motivasi peserta didik, serta peseta didik dapat memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap konsep pelajaran yang diajarkan. (*)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top