Kembangkan Potensi Warga, Tim Dosen FSRD ISI Surakarta Adakan Workshop Batik Warna Alam di Desa Kemuning, Lereng Gunung Lawu

Print Friendly and PDF

Tim Dosen FSRD ISI Surakarta saat memberikan workshop batik warna alam.


Kembangkan Potensi Warga, Tim Dosen FSRD ISI Surakarta Adakan Workshop Batik Warna Alam di Desa Kemuning, Lereng Gunung Lawu

Solo- majalahlarise.com -Desa Kemuning terletak di lereng Gunung Lawu bagian barat dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah. Desa ini memiliki potensi hasil bumi dari perkebunan teh yang menjadi ikon dan potensi perdagangan dan pariwisata. Di bidang seni, wilayah ini memiliki potensi seni tari, musik, dan kerajinan. Batik merupakan potensi terpendam di wilayah ini. Pada masa lalu Kemuning merupakan salah satu daerah penyokong industri batik di Surakarta. Beberapa pengrajin batik sampai saat ini masih berproduksi dengan skala kecil.

ISI Surakarta melalui program pengabdian masyarakat melakukan pendampingan penciptaan karya batik warna alam dengan motif flora dan fauna kawasan wisata Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Program ini diprakarsai Amir Gozali, S.Sn. M.Sn, Dr. Aries Budi Marwanto, S.Sn. M.Sn., dan Dr. Taufik Murtono, S.Sn. M.Sn ketiganya dosen di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta, serta didampingi Purwanti, S.Tr.Sn, Rika Puspita Jawi dan Usamah Akmal, staf laboratorium dan mahasiswa.

Workshop bertujuan untuk membangkitkan potensi batik di wilayah ini. Peserta program adalah para perajin batik dan masyarakat sekitar yang tertarik memproduksi batik yang diselenggarakan selama tiga hari. Sabtu-Senin, 11-13 Agustus 2023  bertempat di Pendapa Bale Branti Kemuning Ngargoyoso dengan materi pengenalan batik warna alam yang diteruskan dengan praktik membuat batik. 

Baca juga: MIM Digdaya Bolon Adakan Pengajian Ahad Pagi Perdana

Adapun praktik dimulai dengan pemrosesan warna alam, menggambar motif bersumber gagasan potensi sekitar, mencanting, menyelup warna, serta finishing. Selama semua tiga hari peserta yang berjumlah 15 orang mampu menghasilkan satu lembar kain batik warna alam. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari mahasiswa KKN ISI Surakarta yang turut serta dalam kegiatan, mereka membantu mendampingi terutama pada tahap pebuatan motif, mencanting, mewarnai serta mendokumentasikan.

Bambang DS, pengelola Bale Branti mewakili peserta workshop mengatakan, mengingat antusiasme warga mengikuti workshop saat ini dibatasi pesertanya karena takut membeludak sehingga workshop jadi kurang efektif. 

"Selain batik warna alam, potensi yang bisa dikembangkan di Kemuning adalah eco print dan shibori. Batik warna alam memang baru kali ini dikenalkan proses pembuatannya di Kemuning," ungkapnya.

Menurut Bambang, potensi bahan warna alam di Kemuning luar biasa dan sangat mungkin untuk dikembangkan sebagai salah satu keunggulan Desa. Kedepannya perlu dipikirkan pengembangan batik warna alam Bersama ISI Surakarta masyarakat, baik proses pewarnaan maupun pengembangan motifnya. 

Sedangkan menurut Amir Gozali sebagai salah tim dosen menyatakan ISI Surakarta dengan program pengabdian seperti ini sangat sesuai dengan kebutuhan desa, membantu mendorong potensi desa yang kebanyakan masih terpendam. (Sofyan)

Baca juga: Rektor Univet Bantara Sukoharjo Tandatangani Naskah Perjanjian Kerjasama MoU dengan Institut Pendidikan Indonesia Garut


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top