Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Ikuti Kelas Motivator "Stop Insecure Perbanyak Bersyukur"

Print Friendly and PDF

Narasumber Rifqi Nadhif Firstyawan (Penyiar PRO 2 FM RRI Surakarta dan MC Profesional Soloraya) saat menyampaikan materi public speaking.


Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Ikuti Kelas Motivator "Stop Insecure Perbanyak Bersyukur"

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa semester 6 Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengikuti kegiatan kelas motivator bertajuk "Stop Insecure Perbanyak Bersyukur". Kegiatan ini menghadirkan narasumber Rifqi Nadhif Firstyawan (Penyiar PRO 2 FM RRI Surakarta dan MC Profesional Soloraya). Bertempat di laboratorium TV dan Film Gedung FISH lantai 2. Kamis (15/6/2023).

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi sekaligus dosen pengampu mata kuliah publik speaking, Henny Sri Kusumawati, S.Sos, M.I.Kom menyampaikan diselenggarakan kelas motivator dalam bentuk kompetisi antar grup public speaking ini bertujuan mahasiswa mempraktikkan secara langsung ilmu public speaking yang telah dipelajari di kelas.

"Mahasiswa ketika praktik tahu bagaimana mengkomunikasikan pengalaman dalam bentuk ekspresi, intonasi, gestur yang tepat, waktu yang tepat, pesan yang tepat ketika menghadapi audien," terangnya.

Kelompok mahasiswa saat praktik public speaking menjadi motivator.

Baca juga: Seru, Kunjungan SMK N 02 Mojokerto Kenali Industri Kreatif di Prodi DKV FSRD ISI Surakarta

Lebih lanjut disampaikan, dalam kegiatan ini pihaknya mendatangkan praktisi MC sekaligus penyiar Pro 2 RRI Surakarta untuk berbagi ilmu dan pengalamannya membangun kepercayaan diri dalam public speaking. 

"Dari kegiatan ini mahasiswa bisa memaksimalkan ketrampilan oral dan lesan serta kepercayaan diri ketika berbicara berhadapan dengan audien. Selain itu, setelah mereka praktik menjadi seorang motivator paham tentang public speaking ternyata muncul minat, bakat yang selama ini belum dikembangkan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua penyelenggara Ardean Rio Saputro dalam laporan kegiatan menyampaikan ucapan terimakasih kepada tamu undangan dan teman-teman yang hadir. "Semoga acara motivator ini berjalan lancar dan mampu membangkitkan minat, semangat kepercayaan diri ketika berkomunikasi diharapkan orang banyak," harapnya.

Dalam pemaparan materi, narasumber Rifqi Nadhif Firstyawan menjelaskan tentang berbagai tips dan kiat-kiat menjadi seorang public speaker pemula. Serta tujuan dan manfaat public speaking.



"Tujuan dari public speaking adalah menyampaikan informasi kepada orang banyak. Manfaat public speaking diantaranya mengurangi ketidaktahuan, memperbaiki hubungan, dan menyelesaikan masalah," ungkapnya.

Disampaikan pria yang pernah dinobatkan menjadi Duta Bahasa Jawa Tengah 2018 ini bahwa faktor pembentuk public speaker bisa melalui bakat, lingkungan dan latihan. "Sejak lahir kita dikasih mulut bisa digunakan untuk bicara yang bisa diolah atau dilatih. Banyak pembicara atau public speaker cedal bisa jadi pembicara handal karena mereka mampu mengekplorasi kekurangannya menjadi potensi melalui latihan yan didukung lingkungan," jelasnya.

Sedangkan untuk mengatasi kecemasan ketika jadi public speaker dengan memperhatikan vokal, gestur tubuh, penguasaan materi yang akan disampaikan. 

"Vokal itu diolah lewat latihan terus menerus. Untuk gestur ketika berbicara harus melihat mata lawan bicara. Ketika pegang mic harus tepat. Bagi pemula yang belum menguasai materi bisa dicatat dulu materi yang akan disampaikan dan tahu siapa audien yang akan diajak berbicara," paparnya. (Sofyan)

Baca juga: RA AT-Taqwa Sapen, Mojolaban, Sukoharjo Menggelar Akhirussanah



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top