Seru, Kunjungan SMK N 02 Mojokerto Kenali Industri Kreatif di Prodi DKV FSRD ISI Surakarta

Print Friendly and PDF

Siswa SMK N 02 Mojokerto saat berkunjung di Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Seru, Kunjungan SMK N 02 Mojokerto Kenali Industri Kreatif di Prodi DKV FSRD ISI Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Tampak dua siswa asyik mengamati contoh font yang diletakkan dikejar di depannya, lewat materi eksplorasi tipografi nusantara yang disampaikan oleh Indriati Suci Pravitasari, M.Sn selaku dosen DKV dengan memberikan penjelasan mendalam mengenai salah satu mata kuliah Typography Nusantara berupa  penjelasan bagaimana proses kreasi merancang sebuah huruf itu dibuat.

Kegiatan penugasan bertema role play sebagai mahasiswa Prodi DKV ISI Surakarta dengan membentuk kelompok terdiri dari dua orang dimana mereka saling bertugas untuk bertanya mengenai sifat dan hobi, sedangkan siswa lain dalam kelompok tersebut akan menentukan jenis hewan apa yang memiliki sifat serupa. Proses selanjutnya yakni berkarya dalam lembar kertas yang disediakan panitia. Antusiasme para siswa dan siswi terlihat dimana mayoritas siswa segera aktif mengikuti kegiatan penugasan yang diberikan dimana sesi ini dibantu oleh beberapa tim mahasiswa.

Rombongan yang terdiri dari 73 siswa dan siswi serta 6 guru pendamping dari SMK Negeri 02 Mojokerto, Jawa Timur mengadakan kunjungan ke Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta pada Kamis, 15 Juni 2023. Pada kegiatan itu para siswa dan guru mendapatkan berbagai wawasan seputar desain komunikasi visual diawali dengan pengenalan profil Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta kepada guru dan siswa dengan menampilkan pemutaran video profil ISI Surakarta ini berlangsung di Gedung V, FSRD ISI Surakarta, Kampus Mojosongo.

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Himbau Kader Jangan Gunakan Muhammadiyah untuk Dukung Mendukung Calon Presiden Tertentu

Indriati Suci Pravitasari lanjutnya menyampaikan bahwa salah satu kegiatan dalam meningkatkan inspirasi dalam berkarya adalah fokus dalam memvisualisasikan sifat diri dengan mengkorelasikan dengan sifat seekor binatang. Dalam penjelasan ini, detail dan contoh penggambaran ilustrasi dijelaskan secara aktif sehingga menarik minat siswa. 

Selanjutnya selaku Kaprodi DKV, yakni Rendya Adi Kurniawan, M.Sn menjelaskan garis besar program dan kegiatan proses pembelajaran pada Desain Komunikasi Visual. Dalam kesempatan tersebut, Rendya Adi Kurniawan juga berfokus dalam pemberian motivasi dengan menjelaskan peran dan prospek kerja dalam bidang DKV dimasa depan. Selanjutnya, Rendya juga menyampaikan apa saja yang dipelajari, berbagai prestasi, dan aktivitas penunjang kreativitas di Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Setelah mendapat materi pengenalan profil ISI Surakarta, para guru dan siswa mendapat oleh M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn., selaku dosen di Prodi DKV. Topik ini diawali dengan pengertian DKV, ruang lingkup beserta perannya di dunia industri, selain itu juga menjelaskan berbagai peluang dan profesi yang muncul seiring dengan pengembangan teknologi digital yang menuntut adanya komunikasi tidak hanya secara verbal namun juga secara visual. 

Melengkapi kegiatan kunjungan, siswa dan guru dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan. Terakhir, sebelum rangkaian acara ditutup, siswa diminta untuk mengisi kuesioner mengenai rangkaian kegiatan yang dilakukan hari ini. Berbagai informasi yang disampaikan dalam kunjungan tersebut mendapatkan respon positif dari pihak sekolah serta siswa. Dalam rangka menutup rangkaian kunjungan, selanjutnya penyerahan hadiah berdasarkan karya terbaik dan foto bersama. (Sofyan)

Baca juga: SMK Sudirman 1 Wonogiri Selenggarakan Gelar Karya P5 Tema Kebekerjaan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top