Majukan UMKM Sragen Lewat Lomba Desain Label, Disnaker Sragen Datangkan Dosen DKV ISI Surakarta sebagai Juri

Print Friendly and PDF

Sebanyak 28 peserta dari siswa SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Sragen saat mengikuti lomba desain label kemasan.


Majukan UMKM Sragen Lewat Lomba Desain Label, Disnaker Sragen Datangkan Dosen DKV ISI Surakarta sebagai Juri

Sragen- majalahlarise.com -Dinas Tenaga Kerja Kab. Sragen adakan lomba desain label kemasan yang diikuti sebanyak 28 peserta dari siswa SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Sragen. Lomba yang diadakan di Gedung Galeri Kresna UPTD Technopark Sragen ini melibatkan dosen Prodi DKV ISI Surakarta sebagai jurinya. Lomba desain label ini merupakan salah satu rangkaian acara Bazar Tenant 2022 oleh Disnaker Kab. Sragen pada Kamis, 15 Desember 2022. 

Pelaksanaan lomba, sebelum para peserta menggarap desain label, mereka wajib mengikuti technical meeting pada Rabu, 14 Desember 2022,  sebagai panduan informasi untuk peserta dengan narasumber dari dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang menjelaskan apa saja tujuan dan ketentuan lomba, hingga indikator penilaian pemenang lomba.

Saat kegiatan lomba, para peserta diberi nomor urut yang sesuai dengan nomor urut UMKM yang akan dibuat desain labelnya dan wajib mendatangi UMKM yang merupakan peserta Bazar Tenant 2022. Peserta dari siswa SMA/SMK sederajat Sragen dipersilakan untuk menggali informasi sedetail mungkin tentang UMKM dan produknya. Misalnya mulai dari nama UMKM, jenis dan keunggulan produk, komposisi, nomor perizinan, hingga foto produknya. 

Baca juga: Mahasiswa Unisri Magang di STAR Motor Solo

Setelah mendapat informasi dari para UMKM, para peserta pun mulai mengerjakan desain label kemasan selama kurang lebih tiga jam. Proses pengerjaan dalam lomba desain kemasan ini pun diawasi ketat agar mengantisipasi adanya plagiasi. Para pengawas merupakan juri lomba yang terdiri dari perwakilan Disnaker Kab. Sragen, Yosef Ardi, S.Sn, dan dua dosen DKV ISI Surakarta, Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds., dan M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn.

Paska pengerjaan desain label kemasan selesai, ketiga juri pun langsung bermusyawarah dan menilai seluruh desain label kemasan. Dari ke-28 desain label yang sudah dibuat, ditetapkan juara pertama diraih oleh Hanif Bilal Harsono dari SMKN 1 Miri. Juara kedua disusul dari sekolah yang sama atas nama Arya Rama Dhani, sementara itu, juara ketiga diraih oleh Alexs Tegar Trengginas dari SMKN 1 Gesi yang semua juara mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan.

Jelang puncak acara Bazar Tenant 2022, Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds. selaku perwakilan juri mengumumkan ketiga juara tersebut. Turut hadir pula dalam pengumuman tersebut untuk memberikan penghargaan, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Untung Wibowo Sukowati, dan Kepala Disnaker Kab. Sragen, Muh. Yulianto.

Ketiga juara tersebut menurut Basnendar H telah memenuhi kriteria kreativitas, kelengkapan informasi, hingga estetika desain label kemasan dan bisa diterapkan kepada UMKM agar tampilan label kemasan lebih menarik dan menambah daya jual.

Sedangkan menurut Muh. Yulianto, S.Si., M.Si sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Sragen, menjelaskan kegiatan lomba desain label kemasan UMKM ini dapat meningkatkan pengembangan potensi dan produk UMKM di wilayah Sragen kedepannya. (Sofyan)


Baca juga: Bersama 14.504 Mahasiswa se Indonesia, Tiga Mahasiswa DKV ISI Surakarta Ikuti Kampus Mengajar IV



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top