PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI DATAR

Print Friendly and PDF

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA  TERHADAP HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI DATAR

Oleh: Supadmi, S.Pd.    

Guru SMP Negeri 1 Demak Jawa Tengah


Supadmi, S.Pd.


      Pelajaran matematika pelajaran yang di takuti oleh siswa. Mendengar kata matematika dalam benaknya sudah terbersit bayangan yang sulit dan rumit. Sebenarnya  matematika adalah pelajaran yang menyenangkan. Maka kita sebagai pendidik harus bisa menghilangkan anggapan bahwa  matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan.

       Dalam proses belajar mengajar adanya media mempunyai arti yang cukup penting. Dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan materi ajar yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara kerumitan materi yang akan disampaikan dengan bantuan media.

       Penggunaan media benda asli dalam  pembelajaran memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, karena dapat mendorong motivasi dan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Setiap proses pembelajaran dilandasi  dengan adanya beberapa unsur antara lain tujuan, bahan, metode, media, alat, serta evaluasi. Dalam pencapaian tujuan, peranan media pembelajaran merupakan bagian  terpenting pembelajaran yang dapat membantu siswa lebih mudah untuk memahami materi. Dalam proses belajar mengajar media dipergunakan dengan tujuan membantu guru agar proses belajar siswa lebih efektif dan efisien.

Berdasarkan hal tersebut, dalam pembelajaran matematika media benda asli atau benda nyata sebenarnya sangat diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan dalam memahami materi dalam proses belajar mengajar. Jika dalam pembelajaran matematika tidak dapat menyajikan benda nyata, guru dapat menyajikan menggunakan media tiruan benda nyata.

       Contoh penyajian dengan menggunakan benda nyata dalam materi bangun ruang maka kita bisa mempergunakan kardus kue dan pembungkus pasta gigi untuk membuktikan bangun balok secara langsung. Karena metode ini dapat memberikan motivasi siswa dan memperjelas penyampaian materi sehingga siswa dengan mudah memahami materi balok yang disampaikan dalam pembelajaran. Penggunaan topi pesta juga membantu siswa dalam memahami kerucut.

       Penggunaan berbagai jenis media pembelajaran dapat membawa dampak yang positif dalam proses pembelajaran. Dimana hubungan antara guru dan siswa dapat berlangsung lebih interaktif, karena pemakaian media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar terhadap siswa.

       Dari beberapa pendapat tentang manfaat penggunaan media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan pesan dan informasi, (2) media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi langsung antara siswa dan lingkungannya dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya, (3) media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu. Obyek atau benda yang terlalu besar dapat diganti dengan gambar, tato, slide, film, radio atau model. Obyek atau benda yang terlalu kecil yang tidak tampak oleh indera dapat disajikan dengan mikroskop, film, slide, dan gambar. Kejadian langkah yang terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam puluhan tahun dapat  ditampilkan melalui rekaman video, film, tato, slide. Obyek atau proses yang amat rumit seperti peredaran darah dapat ditampilkan secara konkrit melalui film, gambar, dan slide. Kejadian atau percobaan yang dapat membahayakan dapat disimulasikan dengan media seperti komputer, film, dan video. Peristiwa alam seperti terjadinya letusan gunung berapi atau proses yang dalam kenyataan membutuhkan waktu yang lama seperti proses kepompong menjadi kupu-kupu, dapat disajikan melalui teknik-teknik rekaman seperti timeplase untuk film video atau simulasi komputer, (4) media pembelajaran dapat memberikan keamanan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi antara guru, siswa, masyarakat dan lingkungan.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top