Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi Edukasi Jajanan Bagi Anak Sekolah

Print Friendly and PDF

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi edukasi jajanan bagi anak sekolah oleh mahasiswa KKN Unisri Surakarta.

Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi Edukasi Jajanan Bagi Anak Sekolah 

Karanganyar- majalahlarise.com -Makanan jajanan anak sekolah merupakan contoh dimana sekolah memiliki peran penting dalam pencapaian Kesehatan masyarakat, terutama Kesehatan siswa sekolah. Peran penting ini telah diakui dan didorong oleh WHO pada tahun 2008 melalui perencanaan Konsep Sekolah Sehat, atau sekolah yang mempromosikan kesehatan (health promoting school). Hal serupa telah diatur dalam Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan sekolah. 

Sekolah merupakan institusi yang dapat menciptakan pembelajaran, pertumbuhan, dan perkembangan harmonis peserta didik untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karenannya, kemampuan hidup peserta didik, dan lingkungan pendidikan yang sehat, perlu diwujudkan dan menjadi tujuan penyelenggaraan kesehatan sekolah. Dalam konteks lingkungan pendidikan yang sehat, maka makanan jajanan anak sekolah yang aman, bermutu dan bergizi menjadi suatu keharusan.

Pangan merupakan kebutuhan yang tak terelakkan bagi manusia. Setiap kelompok umur harus mengkonsumsi makanan setiap hari. Tak terkecuali bagi anak sekolah. Waktu yang banyak dihabiskan di sekolah membuat anak-anak sering membeli jajanan. 

Pangan jajanan yang dijual biasanya dapat langsung dikonsumsi tanpa melalui pengolahan lebih lanjut. Konsumsi jajanan yang tidak tepat dapat menimbulkan dampak negatif bagi anak. Dampak negatif yang ditimbulkan diantaranya diare, kekurangan zat gizi, dan gangguan pertumbuhan seperti stunting. Dengan prevalensi stunting yang tinggi, menandakan bahwa adanya risiko terganggunya konsentrasi belajar bagi anak usia sekolah tersebut (Judarwanto W, 2008). Oleh karena itu, dibutuhkan suatu metode pendidikan gizi untuk meningkatkan pengetahuan tentang makanan jajanan yang sehat dan bergizi pada anak. 

Kampus Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) “UNISRI Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi” di Dusun Sanggrahan,Wonorejo Kec. Gondangrejo Kab. Karanganyar. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari kelompok 76 yaitu Dr. Herning Suryo Sarjono, M. Si. dengan mahasiswa Aras Sya’Bandani Arum melaksanakan salah satu program kerja individu yaitu sosialisasi edukasi mengenai keamanan jajanan bagi anak sekolah dasar SDN 03 Wonorejo. 

"Kegiatan sosialisasi ini adalah program utama sebagai penyaluran ilmu yang sesuai dengan bidang kuliah yang saya geluti. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi ini merupakan pengabdian kepada Siswa/Siswi Kelas 4-6 SDN 03 Wonorejo," terang Aras. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top