Mahasiswa KKN Unisri Latih Bahasa Inggris Dasar Kepada Anak TK Perwanida Jeron

Print Friendly and PDF

Anak-anak TK Perwanida Jeron menunjukan media gambar berbahasa Inggris.


Mahasiswa KKN Unisri Latih Bahasa Inggris Dasar Kepada Anak TK Perwanida Jeron 

Boyolali- majalahlarise.com -Desa Jeron merupakan desa yang memiliki fasilitas pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga jenjang Sekolah Dasar. Dari Fasilitas Pendidikan yang ada maka perlu adanya peningkatan potensi mengajar dengan tujuan siswa siswi dapat menerima materi yang diberikan dengan baik. 

Anak perlu belajar Bahasa Inggris sejak dini bukan hanya untuk menambah bahasanya tapi juga akan membantu masa depannya. Penyelenggaraan pendidikan pada jenjang TK menggunakan pendekatan yang menyenangkan dengan kegiatan Menggambar, Menyanyi, Bermain, belajar Bahasa Inggris.

Mahasiswa KKN Unisri saat foto bersama guru dan anak TK Perwanida Jeron.

Bahasa Inggris pun sekarang Bahasa wajib diketahui seseorang Bahasa Inggris sedari dini melalui materi dasar Bahasa inggris untuk anak TK. Program peningkatan berbahasa inggris pada anak usia dini meningkatkan minat dan kemampuan anak anak dalam pengguna Bahasa Inggris yang berfokus pada anak- anak usia dini dengan rentan usia 4-6 tahun. Dengan harapan agar anak- anak menjadi familiar dengan Bahasa inggris di jenjang pendidikan selanjutnya akan terbantu dan lebih mudah dalam memahami Bahasa inggris. 

Ide ini terbentuk berawal dari salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi Surakarta atas nama Deta Mahayu Pramesti. Materi-Materi penambahan belajar Bahasa Inggris para siswa siswi TK diberikan sedikit penjelasan pentingnya belajar Bahasa Inggris dan pengenalan lainnya setelah itu mulai pembelajaran yang diajarkan pengenalan Bahasa inggris tentang buah buahan dan hewan dan mewarnai. Proses pembelajaran ini dilakukan menerapkan Metode Listening  And Repeat dengan bantuan Media Flash Card Bergambar untuk menjelaskan materi pembelajaran. 

Untuk menjelaskan materi pembelajaran dimana KKN proker individu yang bertugas untuk mengajar menunjukan Flash Card bergambar tersebut kepada anak-anak peserta pembelajaran lalu memberikan waktu kepada mereka untuk menyebutkan gambar apa yang ditunjukan kepada flash card.  Selain itu menambahkan games dengan adanya pembelajaran lebih semangat dan tidak bosan. 

"Kegiatan peningkatan mengajar Bahasa inggris ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 5-6 Agustus di Tk Perwanida Desa Jeron Kota Boyolali," terang Deta Mahayu Pramesti. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top