Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara Gelar Webinar Kewirausahaan

Print Friendly and PDF

 

Tampilan layar webinar narasumber Ari Yeppi Kusumawati, SE, M.Si (Kepala Seksi Industri Kreatif Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta) saat menyampaikan materi kewirausahaan.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara Gelar Webinar Kewirausahaan

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar Webinar Kewirausahan mengangkat tema "Yang Muda Yang Berkarya, Berdaya Dengan Wirausaha" menghadirkan narasumber Ari Yeppi Kusumawati, SE, M.Si (Kepala Seksi Industri Kreatif Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta) secara daring melalui zoom. Jumat (3/6/2022).

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Arin Arianti mengatakan webinar kewirausahaan merupakan kegiatan tahunan. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris selalu mengadakan kegiatan-kegiatan adaptif terhadap perkembangan zaman salah satunya melalui kegiatan webinar ini.

"Kegiatan ini diangkat dengan harapan untuk mendorong peserta dari siswa-siswi lulusan SMA/ SMK sederajat, mahasiswa kami dan mahasiswa dari luar prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki bekal sehingga punya pegangan untuk berusaha secara mandiri," terangnya.

Dikatakan juga, walau usia masih muda mahasiswa mempunyai keahlian, kemampuan dan juga bekal berwirausaha dengan daya juang semangat jiwa muda untuk berkarya dan berdaya sehingga bisa kompetitif di zaman era 5.0.

Baca juga: Sebanyak 107 Kelas XII SMK Pancasila 7 Pracimantoro Dilepas dan Diwisuda

Dekan FKIP Univet Bantara, Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd dalam sambutan pembukaan webinar menyampaikan apresiasi kepada prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang telah menginisiasi dan menata laksanakan kegiatan akademik yang bermanfaat bagi lembaga maupun secara pribadi melalui webinar kewirausahaan.

"Kegiatan ini dalam rangka membangun jiwa kewirausahaan dan mendasari pengalaman, pengetahuan kewirausahaan dari narasumber ibu Ari Yeppi Kusumawati, SE, M.Si yang bisa berbagi pengetahuan, pengalaman dan suatu saat berbagi ketrampilan dalam membangun wirausaha," tuturnya.

Pihaknya berharap webinar kewirausahaan bisa bermanfaat secara pribadi juga bermanfaat bagi lembaga khususnya program studi, fakultas dan juga universitas dalam meningkatkan point-point akreditasi dan pemeringkatan perguruan tinggi.

Dalam pemaparan materi kewirausahaan, narasumber Ari Yeppi Kusumawati, SE, M.Si menerangkan sebagai mahasiswa haruslah merubah sikap, pemikiran dan perilaku tidak seperti siswa karena sudah mendapatkan sebutan maha yang artinya punya kelebihan daripada dulu menjadi siswa. Oleh karena itulah sebagai landasan diri untuk membentuk jiwa wirausaha.

"Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha yang dilakukan yakni mengenali potensi apa yang ada pada diri sendiri melalui bertanya pada temannya baik itu potensi keburukan dan potensi kebaikan. Sehingga potensi kebaikan ini dapat menutup potensi keburukan. Selain itu jangan hanya fokus pada teori kuliah saja tetapi jadikan dosen sebagai teman berbagi, berbisnis diajari cari duit dari potensi diri," jelasnya.

Disampaikan pula, sebagai mahasiswa haruslah mengikuti berbagai organisasi yang bisa sebagai batu loncatan membangun jaringan, peluang bisnis. Selain itu harus mengenali kekuatan diri, kenali kelemahan diri, hargai keistimewaan diri dan mengatasi kelemahan diri.

"Mengembangkan potensi diri dengan fokus pada cita-cita dalam pikiran dan hati. Kita harus seperti gelas kosong siap diisi apapun tinggal memfilter dan kita harus bisa apa-apa dan apa-apa bisa," ujarnya. (Sofyan)


Baca juga: Dosen Desain Interior ISI Surakarta Paparkan Sosialisasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 2 Sedayu, Jumantono, Karanganyar




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top