DAMPAK PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Print Friendly and PDF

DAMPAK PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Oleh : Wening Hidayati, S.Pd

Guru SMA Muhammadiyah 2 Manyaran, Wonogiri Jawa Tengah

Wening Hidayati, S.Pd


       Pandemi Covid-19 telah melanda Dunia bukan dalam kurun waktu yang sebentar, sedikit demi sedikit kita keluar dari hal tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan agar kita bisa kembali menjalani kehidupan dengan normal. Termasuk di dunia Pendidikan yang mulai diberlakukan Pembelajaran Tatap Muka secara terbatas.

      Pandemi menyisakan banyak hal, termasuk di dunia Pendidikan pada umumnya dan pada pembelajaran matematika pada khususnya. Terlalu lama melakukan pembelajaran jarak jauh membuat peserta didik terlalu terlena dengan keadaan. Target utama mereka saat Pembelajaran Jarak Jauh hanyalah tugas terselesaikan tanpa paham konsep dari suatu materi.

       Matematika sebagai ilmu yang berkesinambungan membuat peserta didik merasa matematika semakin sulit saat mereka mendapat materi baru saat Pembelajaran Tatap Muka, karena mereka belum menguasai materi prasyarat yang mereka dapatkan ketika Pembelajaran jarak jauh.

       Kemampuan berhitung dasar siswa seperti operasi perhitungan pecahan, decimal, bilangan bulat dan sebagainya cenderung rendah, kebiasaan berhitung dengan kalkulator menyebabkan mereka tidak menguasai konsep perhitungan dasar.

       Di era pandemi mereka lebih sering searching jawaban lewat google, dan hanya menyalin jawaban. Mereka cenderung malas saat disuruh menyalin kembali materi yang diajarkan dari google. Sebagai upaya agar anak mau membuat catatan adalah dengan memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) di setiap pertemuan. Lembar Kerja Siswa harus berisi langkah-langkah aktivitas anak agar mereka mempunyai gambaran materi yang disampaikan dan evaluasi, sebagai salah satu bentuk ukuran apakah target seorang guru tercapai atau tidak.

       Pemberian LKS ini telah penulis berikan di kelas XII IPS, pada bab Dimensi Tiga. Dimasa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ini. Singkatnya waktu PTM membuat guru kesulitan dalam menjelaskan materi saat berada di kelas. Guru mencoba membuat kegiatan terarah yang dapat dilaksanakan para siswa. LKS berisi tentang bagian siswa mengingat materi prasyarat, dilanjutkan ringkasan materi dan soal-soal dengan panduan pengerjaan dan evaluasi 

       Demikian, sedikit tulisan tentang tantangan yang disisakan pandemi di dunia Pendidikan. Semoga dapat segera pulih negaraku, selalu semangat rekan-rekan guru.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top