LIK Unisri Gelar Sosialisasi dan fasilitasi HKI Sebagai Pendukung Kekayaan Intelektual di Perguruan Tinggi

Print Friendly and PDF

Narasumber, Prof. Dra. Kun Harismah, M.Si., Ph.D (Kepala Bidang Inovasi di Lembaga Riset dan Inovasi UMS) saat menjelaskan materi sosialisasi dan fasilitas HKI.


LIK Unisri Gelar Sosialisasi dan fasilitasi HKI Sebagai Pendukung Kekayaan Intelektual di Perguruan Tinggi

Solo- majalahlarise.com -Lembaga inovasi dan kewirausahaan (LIK) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar sosialisasi dan fasilitasi haki sebagai pendukung kekayaan intelektual di perguruan tinggi bertempat di gedung H ruang seminar lantai 5 Unisri.

Menurut Ir. Siswadi, ketua LIK sosialisasi ini dihadiri oleh 60 dosen, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten, Prof. Dra. Kun Harismah, M.Si., Ph.D (Kepala Bidang Inovasi di Lembaga Riset dan Inovasi UMS).

"Kegiatan ini bertujuan agar para dosen di lingkup perguruan tinggi ini bisa mensosialisasikan pentingnya menghargai dan melindungi karya cipta intelektual agar terhindar dari praktik kecurangan seperti pemalsuan dan penjiplakan hasil karya, kami produk luaran riset dosen memiliki nilai tambah dengan terlindungi Hak kekayaan Intelektualnya (HKI). Dengan menargetkan setiap prodi minimal 1 paten dan 2 hak cipta tiap tahun," jelasnya.

Baca juga: 74 Proposal Penelitian dan 71 Proposal Pengabdian Dosen Unisri Diseminarkan

Acara dibuka oleh wakil rektor bidang akademik, Dr. Rispantyo, M.Si., dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena hari ini bisa mengikuti sosialisasi tentang HKI, sebagai dosen tentunya tidak asing tentang hak kekayaan intelektual (HKI) ini yang harus kita kedepankan meskipun data yang disampaikan oleh kepala LIK tadi di internal Universitas Slamet Riyadi Surakarta masih minim.

"Oleh karena itu kami di Universitas membebankan beban yang berat pada LIK tentang HKI, memang perlu untuk diupayakan bagaimana memperoleh perlindungan hukum, agar tidak disalah gunakan oleh orang lain serta menghindari plagiarisme, termasuk bagaimana seseorang yang telah mendapatkan HKI itu mendapat manfaat ekonomi baik itu secara pribadi maupun kelembagaan, ini yang akan diraih oleh LIK melalui sosialisasi ini," pungkasnya. (Sofyan)

Baca juga: Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS di SMP Negeri 8 Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top