Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS di SMP Negeri 8 Surakarta

Print Friendly and PDF

Peserta pemilihan ketua dan wakil OSIS saat memasukkan surat suara ke kotak suara.


Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS di SMP Negeri 8 Surakarta

Solo- majalahlarise.com -SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. menggelar pesta demokrasi pemilihan calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2022/ 2023. Pemilihan yang dilakukan di Ruang Aula SMP Negeri 8 Surakarta ini berlangsung layaknya pemilihan umum, yang dimulai pada pukul 08.00 – 12.00 WIB. Selasa, 7 Februari 2023.

Istilah lain dari Kepala Sekolah adalah seleksi atau pemilihan “Presiden OSIS”, semoga menjadi pembelajaran yang bermakna bagi semuanya. Untuk memberikan pengetahuan pada siswa tentang tata cara pemungutan suara yang biasanya dilakukan saat pemilu. Selain itu agar siswa mampu bertanggung jawab dengan siapa yang dipilihnya.

Pemahaman  pemilu memang sengaja ditanamkan sejak SMP supaya siswa mengetahui prinsip memilih wakil rakyat tanpa ada paksaan. Selain itu, ketua yang mereka pilih sesuai dengan harapan mereka. 

Acara dimulai tepat pukul 07.00 WIB, semua petugas sudah siap berada di TPS, lalu melakukan persiapan. Petugas TPS memberikan penjelasan tentang cara memberikan suara, kondisi surat suara dan detail teknisnya. Saat datang ke TPS, siswa wajib berbaris di depan panitia, kemudian menunggu panggilan oleh petugas.  

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. saat berada di bilik suara.

Baca juga: Pemilihan Ketua OSIS : Seleksi, Penyampaian Visi Misi dan Debat Calon Ketua OSIS SMP Negeri 8 Surakarta

Siswa akan mendapat surat suara dan langsung masuk ke bilik suara untuk mencoblos. Satu persatu siswa memasuki TPS. Setiap siswa diinstruksikan mengambil kertas suara dan menunggu giliran menggunakan hak pilih. Kartu tersebut berisi gambar 4 pasangan yang semuanya putra/putri calon pemimpin / ketua OSIS.

Hasil dari pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS ini nanti diambil suara terbanyak kelas 8 (delapan) akan menjabat sebagai Ketua OSIS dan suara terbanyak kelas 7 (tujuh) sebagai wakilnya.

Perlu diketahui bahwa OSIS adalah suat organisasi yang berada di tingkat sekolah. OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.

Pemilihan calon ketua OSIS ini menghadirkan 4 (empat) pasangan kandidat antara lain nomor 1 (satu)  Vinolia Volin Sagita (8A), nomor 2 (dua)  Gravida Raditya H. ( 8H)  kandidat nomor 3 (tiga) Eloise Vanabela EH. (7E), dan yang terakhir nomor 4 (empat) Jenar Ayu M (7B).

Menurut waka Kesiswaaan Prico Diana Dewi, S.Pd., MH., menyampaikan bahwa siswa berlatih berdemokrasi sejak dini. Artinya bahwa anak sejak dini harus sudah bisa mengerti arti dari pada demokrasi. Pemilihan seperti ini dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan demokrasi sejak dini.

Demokrasi sendiri artinya adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengijinkan warga negara berpartisipasi baik secara langsung  atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan dan pembuatan hukum (https://id.m.wikipedia.org,wiki ).

Tidak jauh berbeda dengan proses Pemilu, terdapat 1 (satu) kotak suara dan 2 bilik suara yang disediakan dalam penyelenggaraan pemilihan OSIS di ruang Aula atau di tepi halaman. Bilik suara itu untuk kelas 7, 8, 9 dan Guru/Karyawan. Jumlah daftar pemilih di ajang pesta demokrasi ini adalah sebanyak 752 siswa, 57 Guru/Karyawan.

Perhitungan suara.


Sebelum melakukan pencoblosan. Wakil Kepala Kesiswaan Prico Diana Dewi, S.Pd., MH. meminta calon ketua OSIS untuk menyampaikan visi dan misi di halaman sekolah setelah selesai melakukan apel (Senin, 6 Februari 2023).

Kandidat ketua OSIS bernama Vinolia Volin Sagita (8a), tampil pertama untuk menyampaikan visi dan misinya. Volin mengatakan bahwa jika ia terpilih menjadi ketua OSIS periode 2022/2023 maka ia bersama dengan seluruh siswa SMP Negeri 8 Surakarta akan bekerjasama dan bahu membahu memajukan SMP Negeri 8 Surakarta dengan cara menjadikan siswa-siswi yang berprestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler. Dan meningkatkan kedisiplinan siswa-siswi melalui ketaatan dalam menerapkan peraturan sekolah. Yang terakhir menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berlandaskan gotong royong.

Kandidat selanjutnya Gravida Raditya H. (8h)  dengan berapi-api dan penuh semangat Avid dalam orasinya menyampaikan visi dan misinya. Dalam pidatonya Avid berjanji bahwa OSIS SMP Negeri 8 Surakarta menjadi wadah dalam segala potensi yang ada sekaligus membentuk siswa yang disiplin, kreatif, cerdas, jujur, dan berakhlak mulia baik dalam sekolah maupun luar sekolah.

Sedangkan Eloise Vanabela E.H. (7e),  dalam visi dan misinya, bertekad  menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan segala potensi yang ada sehingga terbentuknya siswa yang cerdas, kreatif, berprestasi dan beakhlak mulia. Bela juga menyampaikan agar Siswa-Siswi SMP negeri 8 Surakarta bisa menjaga nama baik sekolah dan yang paling penting meningkatkan keindahan dan ketaqwaan para siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kandidat dari Jenar Ayu M. (7b) dalam pidatonya berjanji akan menjadikan OSIS sebagai panutan bagi Siswa-Siswi SMP Negeri 8 Surakarta serta mewujudkan Siswa-Siswi yang memiliki kreativitas, berprestasi dan berkarakter. Seluruh kandidat ketua OSIS menyampaikan visi dan misi yang luar biasa dengan penuh semangat dan tekad yang kuat. Pada tahapan seluruh kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS menyampaikan program-programnya dalam rangka merealisasikan visi dan misi masing-masing kandidat.

Harapan dari Waka Kesiswaan Prico Diana Dewi, S.Pd., MH., bahwa kandidat yang bersaing dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya menjadi sosok yang dapat memberi contoh positif bagi teman-temannya. Untuk itu kontestan yang mengikuti pemilihan agar dapat menerima hasil penghitungan suara nantinya.

Hasil kandidat pertama Gravida Raditya H sebagai Ketua OSIS meraih suara terbanyak dengan perolehan 353 suara mengungguli pasangan yang lainnya. Jenar Ayu M mendapat 85 suara sebagai Wakil Ketua serta 39 suara tidak sah (rusak, mencoblos lebih dari 1). 

Siswa menyambut pemilihan ketua OSIS ini dengan ikut memberikan suaranya. Bagi mereka, pemilihan ini dapat mengenalkan tentang pemilu sekaligus budaya politik yang demokratis. Menurut Avid nama panggilan Gravida, terpilih menjadi Ketua OSIS merasa senang dan mengucapkan terima kasih kepada teman-temannya, semoga SMP Negeri 8 Surakarta menjadi lebih baik. Wakil Ketua Jenar dengan bangga dan senyum manisnya mengatakan kata yang sama dengan Ketua.

Harapan Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd., agar ketua dan anggota bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dapat memberikan contoh yang baik kepada siswa yang lain, dan bisa membangun sekolah yang lebih baik dari sebelumnya. Selamat menjalankan amanah, wujudkan visi misi ke dalam langkah nyata agar semuanya tidak sekedar kata. (Sofyan)

Baca juga: 74 Proposal Penelitian dan 71 Proposal Pengabdian Dosen Unisri Diseminarkan



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top