Lomba Merangkai Buah dan Sayur Oleh Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 8 Surakarta

Print Friendly and PDF

Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 8 Surakarta saat foto bersama usai lomba merangkai buah dan sayur. 

Lomba Merangkai Buah dan Sayur Oleh Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 8 Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Dharma Wanita Persatuan Unit Pelaksana SMP Negeri 8 Surakarta mengadakan pertemuan rutin. Tema yang diambil pada saat ini adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Jum’at, 12 Agustus 2022.

Menurut Ketua Ratmi Puji Hastuti Triad Suparman, bahwa makna dari tema tersebut di atas adalah supaya kita dapat merasakan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika hingga kini bisa mempersatukan kita dalam menghadapi segala tantangan yang ada. 

Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa bangsa Indonesia lebih maju. Cerminan dari rasa optimis dari bangsa yang begitu dinamis, bersinergi, tegas, dan juga lugas.

Acara pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan Unit Pelaksana SMP negeri 8 Surakarta,  yang diselenggarakan di ruang Aula pada pukul 11.00 WIB ini diawali pembukaan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. sekaligus Pembawa Acara. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Dharma Wanita dan Hari Merdeka yang dipimpin oleh Ch. Endah Setyowati, S.Pd. Kemudian pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ratmi Puji Hastuti Triad Suparman dan diberikan oleh Dra. Tri Puji Hartini (anggota DWP menjelang purna tugas).

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua. Dalam sambutan yang disampaikan  Ketua, Ratmi Puji Hastuti Triad Suparman menyampaikan Dharma Wanita adalah mitra kerja Pemerintah sehingga diharapkan dapat membantu menyukseskan program kerja pemerintah. Hal ini dapat dilakukan dengan bersama-sama meningkatkan kualitas keluarga terutama peran wanita sehingga semakin meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selanjutnya, keinginan untuk membantu suami dalam meningkatkan ekonomi keluarga bagi perempuan dewasa ini tidaklah sulit. Perempuan memperoleh kebebasan untuk bekerja membantu suami mereka dalam hal meningkatkan pendapatan keluarga.

Baca juga: Peresmian Tokopedia - Rumah Zakat Bersinergi di Solo. Dihadiri Camat Banjarsari Surakarta

Ungkapan yang kerap kita dengar “di belakang pria yang sukses, ada wanita yang hebat” ditujukan pada wanita yang menyandang gelar istri sebagai pendamping suami. Munculnya organisasi yang beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil yang terbentuk pada orde baru dengan nama Dharma Wanita, merupakan repersentasi dari yang baik pada saat itu, dengan mengusung misi-visi sederhana yang mendukung tugas suami sebagai aparatur yang mengabdikan diri dalam tugas untuk bangsa dan Negara. Dengan pemrakasa ibu Negara saat itu Tien Soeharto.

Sebelum acara lomba menghias sayur dan buah, acara laporan yang disampaikan oleh sie sosial yang disampaikan oleh Sri Suprapti.

Untuk pertemuan kali ini juga diadakan lomba menghias sayur dan buah yang di ikuti oleh 50 peserta di ruang Aula. Lomba menghias sayur dan buah ini dipimpin oleh F. Nita Purwaningsih, S.Ag. 

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Dharma Wanita persatuan SMP Negeri 8 Surakarta dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta perempuan agar lebih mandiri, serta untuk mengasah kreativitas perempuan dalam menciptakan peluang usaha sehingga mampu meningkatkan perekonomian.

Dharma Wanita adalah mitra kerja Pemerintah sehingga diharapkan dapat membantu menyukseskan program kerja pemerintah. Hal ini dapat dilakukan dengan bersama-sama meningkatkan kualitas keluarga terutama peran wanita sehingga semakin meningkatkan kesejahteraan keluarga. Diharapkan dengan mengelar Lomba ini, memberikan dampak positif khususnya Ibu -Ibu rumah tangga,

Dengan kreativitas dapat membantu suami dalam meningkatkan ekonomi keluarga, dikarenakan Perempuan memperoleh kebebasan untuk bekerja membantu suami mereka dalam hal meningkatkan pendapatan keluarga. 

Peserta lomba mendapatkan sayur dan buah dari panitia dan diperbolehkan menambah sendiri sesuai yang diinginkan. Lomba yang diikuti oleh 8 kelompok, yang mana perkelompoknya terdiri dari 5 atau 6 orang. Kriteria penilaian dalam lomba ini adalah tingkat kesulitan, imajinasi / kreatifitas, kekompakan, dan kebersihan. Medianya antara lain sayur, buah disiapkan pengurus, alat dan piring saji untuk menghias disiapkan oleh kelompok sendiri.

Untuk pemenang lomba menghias sayur dan buah adalah juara 1 kelompok 2, juara 2 kelompok 4, dan juara 3 kelompok 5. Hadiah diberikan langsung oleh Ketua Ratmi Puji Hastuti Triad Suparman, kepada para pemenang. Acara berakhir pada pukul 14.00 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. (Sofyan) 


Baca juga: Guru SMAN 1 Purwantoro Raih Medali Emas Olimpiade Guru Tingkat Nasional



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top