Peresmian Tokopedia - Rumah Zakat Bersinergi Di Solo, Dihadiri Camat Banjarsari Surakarta

Print Friendly and PDF

Peluncuran Desa Berdaya Tokopedia-Rumah Zakat dilakukan secara simbolis, ditandai dengan pemotongan pita. Dihadiri Camat Banjarsari. 


Peresmian Tokopedia - Rumah Zakat Bersinergi di Solo. Dihadiri Camat Banjarsari Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Tokopedia bersinergi dengan Rumah Zakat dalam program Desa Berdaya yang tersebar di 8 Desa Berdaya yang ada di Indonesia. Program ini secara resmi diluncurkan pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 bertempat di Pendopo Taman Cerdas Desa Berdaya Gilingan, Kecamatan  Banjarsari Kota Surakarta.

Program Desa Berdaya merupakan program pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa (dan sebagian kelurahan), melalui pendekatan terintegrasi yaitu program capacity building (pembinaan masyarakat), ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana, dengan target tumbuh dan berkembangnya kelembagaan lokal yang berdaya untuk mengatasi permasalahannya sendiri dengan menggabungkan kekuatan dan asset yang dimiliki, serta berkolaborasi dengan pihak lain terutama pemerintah desa.

Kegiatan Peluncuran Program Desa Berdaya Tokopedia kali ini dilaksanakan secara serentak di 8 Desa Berdaya secara offline dan online diantaranya di Desa Gilingan Surakarta Jawa Tengah, Desa Sumber Surakarta Jawa Tengah, Desa Sempu Blora Jawa Tengah, Desa Batulayang Pontianak Kalimantan Barat, Desa Cikeusik Pandeglang Banten, Desa Karangan Trenggalek Jawa Timur, Desa Situgede Garut Jawa Barat, Desa Sindanglaut Cirebon, Jawa Barat.

Hadir dalam kegiatan ini para stakeholder diantaranya Camat Banjarsari Kota Surakarta Bapak Beni Supartono Putro, S.STP, M.Si, serta para kepala desa yang menyaksikan secara online di Desa Berdaya masing-masing, Perwakilan Tokopedia Ibu Musfiandini Zahra selaku Sales & Operations Lead-Digital Goods (Utilities & Social Fund), Perwakilan Rumah Zakat Bapak Didi Sabir Selaku Startegict Partnership Div Head Rumah Zakat, penerima manfaat serta masyarakat umum lainnya.

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Lomba Peringatan HUT RI

Dalam kata sambutannya Camat Banjarsari mengatakan sangat menyambut baik dimplementasikannya program pemberdayaan kerjasama Tokopedia dan Rumah Zakat di 8 desa seluruh Indonesia, khususnya di desa berdaya Gilingan dan Sumber. Kolaborasi bersama ini sangat membantu sekali pemerintah, tugas pemerintah itu mengatur, membangun dan memberdayakan, selama ini yang sudah berjalan adalah mengatur dan membangun, semoga dengan kolaborasi ini proses memberdayakan semakin dikuatkan. 

"Terakhir saya menitipkan implementasi program dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, mengingat dana yang disalurkan bersumber dari zakat pelanggan Tokopedia," ungkapnya. 

Perwakilan Tokopedia, Musfiandini Zahra menambahkan Tokopedia selalu mengedepankan kolaborasi bersama para mitra strategis, salah satunya bersama Rumah Zakat yang telah menjalin kerjasama sejak 2016 menjalankan program pengumpulan donasi dan Zakat. 

"Pada Ramadan 2022 silam, kami berhasil mengumpulkan Zakat Maal senilai Rp 2,3 M yang disalurkan secara bertahap untuk mendukung pengembangan program Desa Berdaya. Kami harap Desa Berdaya dapat membantu masyarakat hidup lebih sejahtera dan melahirkan desa yang tangguh, berdaya serta dapat berkontribusi kepada perekonomian daerah,” ujarnya. 

Peluncuran Desa Berdaya Tokopedia dilakukan secara Simbolis, ditandai dengan pemotongan pita dan penyerahan mockup dari Tokopedia kepada Relawan Inspirasi Desa Berdaya, dilanjutkan dengan foto bersama dan kegiatan peninjauan lokasi pemberdayaan oleh para stakeholder. (Pakdhesri/ Sofyan) 


Baca juga: Guru SMAN 1 Purwantoro Raih Medali Emas Olimpiade Guru Tingkat Nasional 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top