SKI FIB UNS Gelar Seminar Nasional SIMFONI 2020

Print Friendly and PDF

Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik) saat menyampaikan materi seminar nasional SIMFONI 2020.


SKI FIB UNS Gelar Seminar Nasional SIMFONI 2020

Solo- majalahlarise.com -Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) SKI FIB Universitas Sebelas Maret sukses menggelar Seminar Nasional SIMFONI 2020. Semnas tahun ini diselenggarakan pada Sabtu-Ahad, 12-13 September 2020 dengan menghadirkan dua pembicara, yakni Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik) dan Shifrunn.

Keduanya merupakan figur pendakwah yang menyampaikan dakwahnya melalui karya. Jika Kang Abik menggunakan karya sastra dengan novel-novel monumentalnya, maka Shifrunn meluaskan syiar melalui sosial media.

Baca juga: Camat Manyaran Canangkan Agro Wisata Kebun Buah Umbul Nogo

Ketua Panitia,  Ricky Firjianto, menyampaikan SIMFONI 2020 mengangkat tema, “Meningkatkan Kreativas Berdakwah di Masa Pandemi”. Tema ini sangat relevan dengan keadaan pandemi yang telah berdampak untuk setiap lini kehidupan, termasuk dakwah.



"Jika sebelumnya SIMFONI dilaksanakan secara langsung, maka saat ini berpindah disampaikan melalui online. Namun, meskipun dilaksanakan secara online harapannya tidak mengurangi antusiasme hadirin untuk mengikuti acara ini,” ujarnya.

Baca juga: Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Univet Adakan Webinar Penerapan Hypnosis Pada Penyembelihan Hewan Ternak

Dikatakannya, SEMNAS SIMFONI 2020 memanfaatkan platform Zoom Meeting dan Streaming Youtube SKI FIB UNS. Hari pertama materi disampaikan oleh Kang Abik dan hari kedua oleh Shifrunn. Kang Abik menyampaikan bahwa dakwah dimulai dari memperbaiki diri sendiri karena dakwah juga memantulkan cahaya-cahaya kebaikan.

Kemudian ia menyampaikan prinsip berdakwah yang terdapat dalam QS. An-Nahl: 125. “Ud’u ila sabiili rabbik, dakwah itu tidak mengajak ke mana-mana, melainkan hanya mengajak kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala karena Allah di atas segalanya,” papar Kang Abik.

Materi yang disampaikan pada hari pertama oleh Kang Abik ini disimak oleh kurang lebih 400 peserta melalui Zoom Meeting dan Streaming Youtube SKI FIB UNS.



Hari kedua pelaksanaan SEMNAS SIMFONI menghadirkan Shifrunn yang banyak membahas kisah-kisah sirah yang sangat berkaitan erat dengan dakwah. Pada awal materi, ia menyampaikan sebuah ayat, yakni QS. An-Nahl: 61 yang menjelaskan tentang ajal. Kata ajal di sini dimaknai sebagai waktu ketetapan atau momentum kejadian-kejadian yang berkaitan dengan takdir yang telah ditetapkan oleh Allah.

"Pun dengan pandemi COVID-19 ini merupakan ketetapan Allah. Tidak seorang pun dapat mempercepat datangnya segala sesuatu yang telah ditetapkan," jelasnya.

Baca juga: Memasuki Usia 93 Tahun, SDN 1 Giritontro Gembleng Mental, Minat dan Bakat Siswa Melalui Ekstrakurikuler

Lebih lanjut, Shifrunn menyampaikan tentang urgensi berdakwah sesuai dengan masanya.
“Komunikasi merupakan kebutuhan tetap manusia pada zaman dahulu hingga sekarang. Hal tersebut bersifat statis, tetapi yang membedakannya adalah media untuk menyampaikan komunikasi. Dakwah dilakukan sesuai momentumnya dan bersifat sementara, yang tetap adalah yang disampaikannya (yakni perintah dan larangan Allah Subhanahu wa Ta’ala),” tegasnya saat sesi penyampaian materi.

Gelaran Seminar Nasional selama dua hari ini menutup rangkaian kegiatan SIMFONI 2020 yang sebelumnya melaksanakan lomba berskala nasional. Ada pun pengumuman lomba ini disampaikan pada hari kedua SEMNAS (13/9/2020).

SIMFONI tahun ini berlangsung lancar meskipun dilaksanakan di tengah pandemi dan memanfaatkan platform Zoom Meeting dan Streaming Youtube. Namun, atensi dan antusiasme peserta tidaklah surut. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top