SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Tasyakuran Peringatan Hari Ulang Tahun ke- 64

Print Friendly and PDF

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd saat memotong tumpeng tasyakuran HUT ke-64.


SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Tasyakuran Peringatan Hari Ulang Tahun ke- 64 

Solo- majalahlarise.com -Perayaan ulang tahun sekolah sudah menjadi tradisi dan kegiatan rutin yang dilaksanakan di sekolah setiap tahunnya. Pada tahun 2024 ini, SMP Negeri 8 Surakarta merayakan hari jadi ke-64 dengan mengangkat tema “Dengan Merdeka Belajar mengantarkan Generasi berjiwa Pancasila.”

Selasa, 28 Mei 2024 SMP Negeri 8 Surakarta, dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. memasuki usia 64 tahun. Acara ulang tahun SMP Negeri 8 Surakarta ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah. Usia 64 tahun bukanlah usia yang sedikit untuk sebuah lembaga pendidikan dalam menorehkan berbagai prestasi, baik akademik maupun non akademik dilevel kota, propinsi, nasional bahkan sampai ke internasional. 

Pada hari ini, 64 tahun usia SMP Negeri 8 Surakarta, beragam hal menjadi sejarah dan bukti bahwa semua bisa dan terus akan berusaha lebih baik ke depan. Serangkaian acara diadakan, dengan pembawa acara oleh Hanif Entertinment mengadakan berbagai acara diantaranya jalan sehat, bazaar/market day, bakti sosial, donor darah, performance (tari Gambyong, Macapat, Depanska Band; band Junior; band Senior, stand up comedy, pencak silat, puisi, wushu). 

Stand bazar yang bertempat di halaman SMP Negeri 8 Surakarta.

Baca juga: Ormawa dan UKM ISI Solo Dukung Anti Kekerasan Seksual di Kampus Seni

Acara hari ulang tahun SMP Negeri 8 Surakarta ini dimulai dari pukul 06.30 WIB dibuka dengan doa dilanjutkan dengan jalan sehat di sekitar sekolah, sebagai penanggungjawab Hasan Effendi, Abdullah Yusuf. Dalam acara jalan sehat dilakukan oleh semua siswa mulai dari kelas 7, 8, dan 9 terlihat sangat antusias dalam mengikutinya. Setiap kelas didampingi oleh Wali Kelas dan 1 Guru. Kemudian ke puncak performance, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMP Negeri 8 Surakarta (Padus) yang dipimpin oleh Ch. Endah Setyowati, S.Pd. 

Wakil Kepala Kesiswaan sekaligus Ketua Panitia, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. melaporkan kegiatan acara ulang tahun. Acara hari ulang tahun SMP Negeri 8 Surakarta mengambil tema “Dengan Merdeka Belajar mengantarkan Generasi berjiwa Pancasila. Kegiatan ini dalam rangka HUT SMP Negeri 8 Surakarta untuk mewadahi kreatifitas siswa dan menjalin silaturahmi alumni. 

Selain itu juga menyampaikan perayaan HUT ke 64 SMP Negeri 8 Surakarta ini menjadi momentum untuk mengungkapkan rasa syukur seluruh warga sekolah atas pencapaian selama 64 tahun berdiri. Serta untuk meningkatkan rasa solidaritas dan kreatifitas seluruh warga sekolah, baik Peserta Didik, Guru, dan Karyawan serta menjadikan SMP Negeri 8 Surakarta semakin berprestasi, berkarakter, dan berbudaya.

Dilanjutkan dengan Tari Gambyong, merupakan penampilan pertama sebagai pertunjukan atau untuk menyambut tamu. Tari Gambyong kali ini yang dilakukan oleh Anya Fitria kelas 9D dan Xaviera Deanda 7C, sebagai penanggungjawabnya adalah CH. Endah Setyowati, S.Pd. Menurut Endah, tari Gambyong ini ditampilkan sebagai acara pembuka untuk menyambut tamu serta memeriahkan acara ulang tahun SMP Negeri 8 Surakarta.

Pembukaan acara dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. sekaligus menyampaikan sambutan. Dalam sambutan Kepala Sekolah, menyampaikan bahwa dirinya merasa bersyukur sekaligus bangga SMP Negeri 8 Surakarta dapat terus meningkatkan eksistensinya. 

Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 8 Surakarta, dibawah pimpinan Ratmi Puji Hastuti, Amd. (istri KS) berpartisipasi dengan membuka bazar.

"Semua rangkaian acara  yang diadakan oleh SMP Negeri 8 Surakarta ini bertujuan untuk menyatukan kekompakan dan kebersamaan antara siswa yang satu dengan yang lainnya. Hal yang menjadi poin utama dalam kegiatan perayaan hari ulang tahun SMP Negeri 8 Surakarta ini bukan hanya kemeriahan acara akan tetapi dapat mempersatukan seluruh warga sekolah dan saling membangun untuk kemajuan sekolah," terangnya.

Kemudian sambutan dari Ketua Komite SMP Negeri 8 Surakarta, Drs. H. Bambang Dwi Wahyudi, CMPM., menyampaikan Komite Sekolah sebagai representasi dari wakil Orang Tua/Wali Siswa, Pakar, Tokoh dan Masyarakat, akan selalu mendukung keberadaan SMP Negeri 8 Surakarta. 

Sekaligus ucapan selamat ulang tahun yang ke 64 semoga tambah maju, berkembang menjadi sekolah pilihan masyarakat Solo dan sekitarnya. Lulusan SMP Negeri 8 Surakarta diharapkan menjadi agen of change, sukses masuk SMA berkelas, dan semua bisa kuliah di Universitas bergengsi termasuk UNS.

Sedangkan kompetensi yang diharapkan pada SMP Negeri 8 Surakarta, menurut beliau antara lain: Individu/Personal, Sosial, Akademikal, Teknikal/Vokasional, Ilahiyah/Iman dan Taqwa.

Performance berikutnya Macapat sebagai penanggung jawab Risqi Irvani Wulandari, S.Pd. dilakukan oleh Wida Putri Laksita Ningrum kelas 8E, menyanyikan (nembang) Kinanthi Wantah laras Slendro Pathet 9 dan Pangkur Ngimpi laras Slendro pathet 9 miring. Sedangkan yang menyampaikan Puisi adalah Iqbal kelas 8G, wushu oleh Luna, stand up comedy 1 oleh Kevin dan Nito, stand up comedy 2, Mona. Vokal band Yunior: Jasmine dan Ayu, Amira dan Jenar, Kevin dan Tian. Untuk vocal trio band Senior Khoirunnisa, Amira, Alya. Vokal Duet :Verlyta dan Annisa, Jasmine dan Khayta.

Panitia acara ulang tahun ini juga menyediakan doorprice dari para penyumbang yakni CV. Gita Persada, Toko Various, Alumni 82 (Paku Sewu). UD. Rani Bersaudara, Dewi Lesmana Tour and Travel, Smartfren, CV. Intan Karya, Komite Sekolah, Bapak/Ibu Guru/Karyawan SMP Negeri 8 Surakarta. Dengan hadiah antara lain; tumbler, tempat makan, snack box, mini fun, alat tulis, blender, teko, payung, sepatu dan hadiah utama yakni kipas angin dari Kepala Sekolah.

Kegiatan ulang tahun juga dilakukan bakti sosial (Baksos) menempati ruang pojok SSK diantara Mushola dan Aula dengan penanggungjawab Hesti Setyaningsih, S.Kom. Bakti sosial ini ditujukan kepada siswa-siswi yang kurang mampu, dan warga sekitar, dengan jumlah 164 bingkisan, yang berupa sembako. Sedangkan untuk kegiatan aksi donor darah  yang berjumlah 30 orang menempati ruang Aula dengan penanggungjawab Agus Sri Wiyono, S.Pd.

Ulang tahun ini menjadi momen penting juga bagi Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 8 Surakarta, dibawah pimpinan Ratmi Puji Hastuti, Amd. (istri KS) karena hari ini juga ikut berpartisipasi dengan membuka bazar yang bertempat di halaman SMP Negeri 8 Surakarta. Beliau merasa senang bisa ikut berpartisipasi (menjual jamur, gula, minyak goreng, beras, tahu, makanan ringan, dan produk k12/make up). 

Juga menyampaikan selamat ulang tahun untuk SMP Negeri 8 Surakarta, dengan segala kemampuan dan kreativitas, semoga SMP Negeri 8 Surakarta semakin jaya. Dalam suasana yang penuh semangat, momen ini tidak hanya merayakan masa lalu yang gemilang, tetapi juga mengejar masa depan yang lebih cerah dalam menghasilkan generasi penerus yang unggul di berbagai bidang.

Acara ulang tahun ini juga diramaikan oleh bazaar/ market day, dari 24 kelas ditambah 1 dari Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 8 Surakarta. Bazar yang bertempat di halaman sekolah ini terdiri dari aneka jajanan pasar, makanan nusantara, aneka minuman segar, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa SMP Negeri 8 Surakarta yang secara lokasi berada di pinggir kota Solo paling timur, dalam beberapa tahun terakhir mampu memberikan perkembangan yang sangat pesat. Hal ini terlihat aktivitas Siswa dan Guru yang semakin disiplin. 

Harapannya semoga terus berkembang untuk meningkatkan kualitas pendidikan, SMP Negeri 8 Surakarta akan terus menyambut tahun-tahun mendatang dengan semangat yang membara dan tekad untuk terus berinovasi demi memberikan pendidikan terbaik bagi siswa-siswi SMP Negeri 8 Surakarta. 

Acara ini berakhir pada pukul 13.00 WIB. Selamat ulang tahun yang ke-64 untuk SMP Negeri 8 Surakarta, semoga pendidikan berkualitas yang diberikan terus menginspirasi dan menciptakan masa depan yang cerah bagi para generasi penerus terbaik. 

Selain itu juga semoga seluruh warga sekolah dapat meningkatkan solidaritas, kreativitas serta menjadikan SMP Negeri 8 Surakarta lebih maju, berintegrasi dan unggul. Terakhir semoga kedepannya perayaan hari ulang tahun SMP Negeri 8 Surakarta bisa lebih meriah lagi. (Sofyan)

Baca juga: Puluhan Guru Agama Islam SMP di Wonogiri Ikuti Seminar Moderasi Beragama Melalui Profil Pelajar Pancasila


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top