SMP Negeri 2 Karangtengah Tumbuhkan Jiwa Berwirausaha melalui Kolaborasi Usaha Peternakan

Print Friendly and PDF

Siswa SMP Negeri 2 Karangtengah saat melaksanakan observasi kegiatan P5 di peternakan kambing PE Berkah Usaha Farm di Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah. 


SMP Negeri 2 Karangtengah Tumbuhkan Jiwa Berwirausaha melalui Kolaborasi Usaha Peternakan

Wonogiri- majalahlarise.com -Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang disingkat dengan P5 merupakan projek wajib dilakukan oleh Satuan Pendidikan. Kegiatan P5 kelas VII telah memasuki tema yang ketiga, yaitu tema “Kewirausahaan”. Pelaksanaan P5 di SMP Negeri 2 Karangtengah dilaksanakan dengan sistem blok selama tiga pekan dimulai dari minggu terakhir bulan April 2024 hingga minggu kedua bulan Mei 2024. Hal ini dikarenakan agar terjadi kesinambungan antar aktivitas yang dilakukan oleh murid dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan P5. 

Siswa tidak hanya berfokus pada marketing day, namun murid diajarkan bagaimana menjadi wirausaha yang mempunyai akhlak mulia, kreatif dan mandiri.

Pada kegiatan ini SMP Negeri 2 Karangtengah berkolaborasi dengan Mursidin pemilik usaha dalam bidang peternakan dan jual beli kambing PE Berkah Usaha Farm di Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah. Siswa kelas VII diajak terjun langsung untuk melakukan observasi dan wawancara dengan pemilik usaha. 

Baca juga: Ratulisa Sebagai Pilar Utama Keterampilan Pragmatik Bagi Multigenerasi NKRI

Kegiatan ini bertujuan agar siswa mengalami langsung dan belajar secara langsung proses kewirausahaan dari pelaku usaha ternak dan jual beli kambing PE.

Putri Hidayati, S. Pd selaku koordinator P5 mengatakan dalam kegiatan P5 ini peserta didik dapat melihat langsung tempat usaha, proses pembuatan pakan, pemberian pakan pada ternak, pembersihan kandang, dan berkesempatan untuk melakukan sesi tanya-jawab dengan pemilik usaha sehingga siswa dapat menggali pengetahuan tentang usaha tersebut.

Selanjutnya siswa kembali ke sekolah untuk menyusun laporan dari hasil observasi dan wawancara secara berkelompok. Kemudian secara bergantian, perwakilan kelompok menyampaikan kesimpulan dari laporan yang telah disusun. 

"Tahap akhir yang dilalui oleh murid adalah tahap refleksi dari kegiatan hari ini. Dari hasil refleksi murid, diperoleh kesimpulan bahwa dengan melakukan observasi dan wawancara langsung kepada pemilik usaha sekitar mampu memunculkan gagasan baru dalam berwirausaha dan memotivasi murid untuk menjadi usahawan," terangnya. (Syarif)

Baca juga: Tampilkan Tari Tirta Nirmala SMP Negeri 2 Giriwoyo Raih juara 3 FLS2N Tingkat Kabupaten


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top