Tampilkan Tari Tirta Nirmala SMP Negeri 2 Giriwoyo Raih juara 3 FLS2N

Print Friendly and PDF

Siswa SMP Negeri 2 Giriwoyo saat menampilkan tari Tirta Nirmala.


Tampilkan Tari Tirta Nirmala SMP Negeri 2 Giriwoyo Raih juara 3 FLS2N Tingkat Kabupaten

Wonogiri- majalahlarise.com -Kegiatan FLS2N yang dilaksanakan pada Selasa 7 Mei 2024 bertempat di SMP Negeri 1 Wonogiri diikuti oleh SMP di wilayah Kabupaten Wonogiri. SMP Negeri 2 Giriwoyo berpartisipasi mengikuti FLS2N di bidang tari kreasi Tingkat Kabupaten Wonogiri, dan memperoleh hasil sebagai Juara 3. Sebagai sekolah di pinggiran dan sekolah kecil ini merupakan satu prestasi yang membanggakan bagi seluruh warga sekolah.

Kepala SMP Negeri 2 Giriwoyo, Sri Purwaningsih Trisnowati, S.Pd, M.Pd mengatakan keikutsertaan dalam kegiatan FLS2N ini dapat mewadahi bakat siswa sekaligus menyediakan kesempatan bagi anak dalam menunjukkan potensinya.

"Melalui Tari Tirta Nirwana ini disesuaikan dengan tema kearifan lokal pada panduan FLS2N. Deskripsi tari kreasi Tirta Nirwana diambil dari kata tirta yang berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya air. Sedangkan nirmala memiliki arti bersih atau suci, jadi Tirta Nirmala yaitu sumber air bersih yang bermanfaat bagi kehidupan," terangnya.

Lebih lanjut diceritakan meskipun dengan adanya peradaban jaman modern masyarakat sudah menggunakan pamsimas, PDAM akan tetapi di daerah sekitar SMP Negeri 2 Giriwoyo tetap mengunakan sumur Bor, bahkan menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat dilingkungan sekitar SMPN 2 Giriwoyo dalam pembuatan sumur Bor hingga di kota – kota besar dikenal sebagai pembuat sumur Bor.

Baca juga: 505 Siswa SD Muhammadiyah PK Banyudono Gelar Aksi Peduli Palestina di Masjid Asyiroj Bendan

"Melalui Tari Tirta Nirwana SMP Negeri 2 Giriwoyo menuangkan kearifan lokal dari sebagian masyarakat tersebut kedalam tarian tersebut," jelasnya.

Pada tarian ini terinspirasi dari beberapa gerakan Gaya Surakarta, lalu dikembangkan dengan modern atau gerakan kontemporer. Proses pengeboran sumur pada tarian ini dilakukan dengan dua cara  manual dan menggunakan alat. 

Beberapa part atau adegan mencari titik di bagian tanah, setelah itu menemukan titik sumber air dengan alat yang namanya Tondo. Proses pengeboran sampai dengan air ditemukan dengan di pompa.sumur katrol sebagai penampungan ketika kemarau tiba. Rasa syukur yang didapatkan lalu dipanjatkan dengan Doa serta kebahagiaan riang gembira.

Tari Tirta Nirmala ini menggandeng Penata tari Eka Nur Pilang,S.Sn yang merupakan lulusan dari ISI, dengan musik dari Bambang Yuwono dan melibatkan team dari SMP Negeri 2 Giriwoyo. Penari yang terlibat adalah siswa kelas delapan Mutia Nada Sarifah, Ananda Putri Melani dan Cika Ayu Susanti. 

Menurut Arif Budi Purwanto, SS dengan memberi kesempatan pada siswa untuk menampilkan potensinya ternyata banyak siswa yang selama ini memiliki kemampuan terpendam dan belum mendapat wadah sehingga dengan kejuaraan ini dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri dari siswa untuk berani tampil. (Syarif)

Baca juga: Ratulisa Sebagai Pilar Utama Keterampilan Pragmatik Bagi Multigenerasi NKRI


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top