Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Univet Bantara Gelar Temu Alumni dan Seminar Pendidikan

Print Friendly and PDF

Ketua program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Drs. Suparmin, M.Hum didampingi Dekan FKIP dan Sekprodi PBSI saat menyampaikan sambutan.


Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Univet Bantara Gelar Temu Alumni dan Seminar Pendidikan

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarkan Temu Alumni, Tracer Study, Need Analysis Pengembangan Kurikulum dan FGD Kemitraan serta seminar pendidikan. Bertempat di ruang pertemuan Gedung A lantai 1. Kamis (7/3/2024).

Dekan FKIP Univet Bantara Sukoharjo, Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan temu alumni ini selain kegiatan non akademik atau silaturahmi juga ada selipan kegiatan akademik berupa kegiatan informasi, sharing session pada forum untuk saling bertukar pengalaman dan wawasan.

"Ada capaian luar biasa bagi Prodi PBSI merupakan capaian tertinggi mendapatkan peringkat akreditasi unggul atau A dari LAMDIK. Ketika sudah unggul Prodi punya tuntutan yang jauh lebih berat karena menjaga lebih sulit dari mendapatkan," jelasnya.

Kaprodi PBSI berserta jajarannya saat foto bersama alumni.

Baca juga: SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Sosialisasi “SADARI” 

Ditambahkannya, acara ini merupakan upaya dalam rangka menjaga supaya nilai Unggul tidak turun salah satunya dengan temu alumni dengan sharing session.

"Alumni yang bekerja di sekolah, yayasan, praktisi bisa diberdayakan untuk menjaga jumlah maupun kualitas kerjasama. Guru, praktisi sering dilibatkan dalam proses peninjauan VMTS, kurikulum dan pembelajaran," ujarnya.

Disampaikan pula, dalam acara ini juga dikukuhkan terbentuknya pengurus alumni yang nantinya bisa memberikan informasi kepada anggota alumni yang lain terkait akreditasi, penerimaan mahasiswa baru, open rekrutmen alumni PBSI, sehingga output dan outcome bisa meningkat secara signifikan.

"Mudah-mudahan acara ini bisa berdampak positif bagi pengembangan institusi, fakultas juga program studi terutama di dalam meningkatkan kualitas dan mutu program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia," harapnya.

Ketua program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PBSI, Drs. Suparmin, M.Hum menyampaikan pertemuan alumni ini merupakan salah satu ajang yang selalu dinantikan setiap alumni terhadap perkembangan dan pertumbuhan program studi PBSI yang dimulai tahun 1969 dan sampai saat ini usia kurang lebih 54 tahun.

"Kami bersyukur Prodi PBSI mendapatkan nilai akreditasi dari LAMDIK mendapatkan nilai unggul 370. Kami selalu minta bantuan sekaligus doa agar perkembangan civitas akademik di PBSI bisa meningkat lebih lagi," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, para alumni sebagai mitra kerja untuk bisa mencarikan mahasiswa baru, karena di PBSI Univet semakin hari ada peningkatan dan perubahan. "Saya berharap peningkatan-peningkatan ini membawa dampak positif terhadap perkembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia," harapnya.

Sementara itu, salah satu alumni PBSI angkatan pertama Sumadi memberikan apresiasi, dukungan serta pengalaman selama belajar dan menerapkan ilmu yang diperoleh di prodi PBSI sebagai guru di SMK Negeri 1 Boyolali. 

Dalam kegiatan ini juga diselenggarakan seminar pendidikan menghadirkan pembicara Dosen PBSI Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum mengangkat tema pengembangan metode pembelajaran bahasa Indonesia dengan media digital. (Sofyan)

Baca juga: FISH Univet Bantara Studi Banding dan Jalin Kerjasama dengan Indorajawali, OPPAL Media dan UICI Jakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top