Kwarda Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Solo Sukses Gelar Musyda ke-4

Print Friendly and PDF

Peserta Musyda HW ke-4 di Balai Muhammadiyah Solo.


Kwarda Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Solo Sukses Gelar Musyda ke-4

Solo- majalahlarise.com -Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kota Solo menggelar kegiatan Musyawarah Daerah (Musyda) ke-4 di Balai Muhammadiyah Solo, Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari pada Sabtu (13/1/2024). Kegiatan yang bertema Memajukan Hizbul Wathan, Mencerahkan Semester dihadiri 300 peserta.

Ketua Kwarda Solo, Ramanda Yatimun, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan Musyda HW ke-4. Sebagai gerakan kepanduan, HW terus menjadi bagian yang mencetak kader dengan kegiatan menantang dan menyenangkan. Apalagi kader HW tidak dibatasi usia, lintas jenis kelamin, dan lintas tingkat pendidikan. 

“Gerakan kepanduan HW periode muktamar ke-3 telah berhasil membentuk 7 kwartir cabang di masing-masing PCM, melaksanakan TOT pelatih bagi guru-guru KB-TK Aisyiyah se-Kota Surakarta, kepanduan HW Kwarda Solo cukup mewarnai dalam upaya menciptakan muktamar bersih, dan Apel Akbar HW Milad Muhammadiyah 111 dihadiri 7000 peserta,” jelasnya.

Baca juga: SD Negeri 1 Panekan Menanam Tanaman Obat Keluarga, Melatih Rasa Tanggung Jawab Peserta Didik 

Pelaksanaan Musyda HW ke-4 dihadiri 300 peserta dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Solo, Pimpinan Kwawil HW Jawa Tengah, Pimpinan Kwartir cabang pramuka Solo, Pimpinan Kwarda, Kwarcab, bidang personalia kwarda, pelatih qobilah jenjang sekolah dari SD/MI hingga SMA/SMK. Musyda HW memilih 13 formatur dari 44 calon formatur yang ditetapkan. Pemilihan dilaksanakan secara e-voting dengan gawai.

Musyda HW ke-4 berjalan sukses dan lancar sesuai dengan agenda kegiatan. Agenda kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan Musyda HW yang dilanjutkan dengan pembekalan kepanduan HW. Peserta juga mengikuti 7 rangkaian sidang pleno. Sidang pleno I membahas pengesahan tata tertib musyda, pleno 2 penyampaian tata tertib dan pengesahan agenda musyda, pleno 3 penyampaian laporan dan tanggapan terhadap laporan kwarda. Pleno 4 diskusi kelompok meliputi oraganisasi, program kerja, dan rekomendasi isu-isu strategis. Pleno 5 laporan hasil sidang kelompok, pleno 6 pemilihan anggota kwarda 2023-2028, dan pleno 6 laporan penetapan hasil pemilihan dan rapat formatur. Kegiatan diakhir dengan sidang pleno 7 penetapan dan pengesahan ketua dan sekretaris kwarda periode 2023-2028. 

Musyda ke-4 HW Kota Solo menghasilkan keputusan yaitu Ramanda Parimin Tejo Pramono terpilih menjadi ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kota Surakarta Periode 2023-2028. Adapun sekretaris Ramanda Dwi Suparwanto dan bendahara Ibunda Laily Purnamawati. Pemilihan sistem e-voting memilih 13 formatur dari 44 calon formatur. 

Pandu HW Cakap IT

Sementara itu, Ramanda Dimyati, pandu senior Kwarda HW Kota Solo berharap sebagaimana disampaikan saat pembekalan acara Musyda HW ke-7 bahwa kader HW adalah seorang pejuang pembela tanah air. Kepanduan HW tidak bisa lepas dari warna Muhammadiyah maka harus menaati perintah dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

“Semoga kepanduan HW tidak hanya dicintai oleh orang-orang Muhammadiyah, tetapi karena kebaikannya bisa dicintai orang-orang di luar Muhammadiyah. Kalau itu bisa terwujud itulah tujuan akhir dari kepanduan Hizbul Wathan,” jelasnya.

Ramanda Dimyati berharap kepanduan HW tidak hanya di sekolah, tetapi bisa seperti zaman dahulu keberadaan HW di qobilah kecamatan dan kelurahan. Selain itu, kepanduan HW harus bisa menyesuaikan dengan situasi sekarang. Contoh jika zaman dahulu kepanduan HW bangga dengan bendera semaphore maka sekarang kepanduan harus bisa berkemajuan menggunakan IT. 

“Era sekarang kepanduan HW harus bisa menyesuaikan dengan era kemajuan menggunakan kecanggihan teknologi informasi atau IT,” jelasnya. (Sofyan)

Baca juga: Ramanda Parimin Tejo Pramono Pimpin Kwartir Daerah Hizbul Wathan Kota Surakarta Periode 2023-2028


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top