Asah Kemampuan Saling Kerjasama Siswa, SD Negeri 3 Pucung Adakan Memasak Bersama

Print Friendly and PDF

Guru sedang mengajarkan cara memasak kepada siswa (Foto dok: Windi).


Asah Kemampuan Saling Kerjasama Siswa, SD Negeri 3 Pucung Adakan Memasak Bersama

Wonogiri- majalahlarise.com -Kelas 4 SD Negeri 3 Pucung mengadakan kegiatan memasak bersama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh wali kelas 4 dalam rangka mengikuti Progam P5. Para Siswa tidak hanya mendapat pembelajaran teori dalam proses pembuatan suatu makanan, melainkan juga diajak mempraktikkan cara pembuatannya. Jumat (12/1/2024).

Wali kelas IV, Mega Puspitawati mengatakan tujuan utama dari kegiatan ini mengajarkan para siswa untuk mengetahui proses pembuatan suatu makanan, serta mengajarkan kreatifitas dan kerja sama dalam suatu kelompok. 

Pada kegiatan ini para siswa belajar bersama cara memasak empek-empek dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Sebelum mereka masuk ke tahap pembuatan wali murid terlebih dahulu menjelaskan mengenai makanan yang akan mereka buat, mulai dari mana asal makanan tersebut, apa saja bahannya, serta bagaimana proses pembuatannya.

Baca juga: Kwarda Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Solo Sukses Gelar Musyda ke-4

Setelah diberi pengertian mengenai makanan empek-empek para siswa mulai diarahkan dalam proses pembuatan dan memasak empek-empek. Siswa diajarkan untuk saling bekerja sama dalam menyelesaikan suatu kegiatan, wali kelas juga membagi para siswa dalam beberapa kelompok untuk menyelesaikan tugas masing-masing agar kegiatan berjalan dengan efektif. Ada yang diarahkan untuk menyiapkan bumbu, merebus telur, membuat adonan empek-empek, membentuk adonan empek-empek, dan yang terakhir yaitu memasak empek-empek. 

“Selama kegiatan berlangsung anak-anak sangat menikmati, dan mereka sangat seneng selama proses pemuatan empek-empek. Saya tidak menyangka jika anak-anak akan segembira ini, bahkan mereka tidak ada yang mengeluh selama proses memasak berlangsung. Mereka juga meminta agar sering-sering melakukan kegiatan seperti ini. Anak-anak juga semakin senang saat masakan mereka jadi dan mereka memakan bersama di kelas,” ujar Guru yang akrab disapa bu Mega. (Windi)

Baca juga: SD Negeri 1 Panekan Menanam Tanaman Obat Keluarga, Melatih Rasa Tanggung Jawab Peserta Didik 




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top