Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Disambangi RRI Go to Campus

Print Friendly and PDF

Mahasiswa saat praktik membaca naskah drama radio.

Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Disambangi RRI Go to Campus

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menjadi salah satu terpilih kunjungan LPP Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Surakarta dalam program roadshow workshop RRI Go to Campus. Kegiatan yang diikuti mahasiswa semester lima ini berlangsung di ruang kuliah FISH Gedung D lantai 2. Senin (18/12/2023). 

Ketua program studi Ilmu Komunikasi FISH, Henny Sri Kusumawati, S.Sos, M.I.Kom saat ditemui menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari MoA yang sebelumnya sudah menjalin hubungan baik kerjasama dengan LPP RRI Surakarta.

"Kita dipilih untuk mendapatkan pengajaran atau workshop. Menurut pandangan kedepan kepenyiaran atau broadcasting ini menjadi nilai lebih bagi mahasiswa yang ingin menggeluti di dunia broadcasting," ungkapnya.

Baca juga: Pengajian Akbar di SD Muhammadiyah PK Nogosari Hadirkan Ust. Pujiono Dai MUI Pusat

Lebih lanjut dikatakan, mahasiswa masih banyak yang belum menyadari materi yang disampaikan oleh pemateri ini jika dipegang, dipahami dan dipraktikkan akan mudah menghadapi kesempatan atau peluang kerja dibidang broadcasting radio.

"Materi yang disampaikan seputar drama atau sandiwara kaitannya audio atau radio. Bagaimana kita bisa memerankan jadi orang kaya, cantik dalam versi audio. Ini membutuhkan skill khusus jadi tantangan  bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah broadcasting atau kepenyiaran," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator program roadshow workshop RRI Go to Campus, Arfin mengatakan program RRI Go to Campus merupakan program rutin yang diadakan oleh RRI melalui Pro 2 FM sebagai sarana sharing dan memberi gambaran kepada mahasiswa terkait dunia penyiaran radio.

"Banyak yang tidak sadar sampai kapanpun radio tetap bertahan eksis menjadi salah satu media. Utamanya RRI melalui program siaran tidak hanya konvensional terestrial tapi menggunakan media yang lain ada RRI Digital, rri.co.id, juga memanfaatkan beberapa media sosial YouTube, tiktok, Instagram dan sebagainya," ujarnya.

Disampaikan pula, dipilihnya program studi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Sukoharjo sebagai sasaran program karena konsen dibidang komunikasi. Sehingga ketika nantinya mahasiswa ingin kerja dibidang kepenyiaran paling tidak memiliki gambaran terkait dunia siaran.

"Materi yang disampaikan terkait drama radio. Karena drama radio sekarang di platform media sosial mengalami trend bagus yang disajikan secara monolog maupun dialog," ungkapnya.

Masih menurutnya, drama masih menjadi suatu kebutuhan karena orang suka mendengarkan cerita bahkan cerita itu diproduksi dan disajikan di radio, YouTube dan sebagainya. Sehingga orang masih mendengarkan drama radio.

Pria yang akrab disapa Arfin ini berharap melalui RRI Go to Campus ini mahasiswa lebih paham dengan dunia siaran radio yaitu radio sebagai salah satu media komunikasi. Radio memiliki posisi penting dalam penyebaran informasi.

"Tidak hanya sebagai media informasi, radio juga sebagai media hiburan sangat variatif salah satunya drama radio," ungkapnya. (Sofyan)

Baca juga: Siswa SMP Negeri 11 Surakarta Lestarikan Dolanan Bocah Lewat Gelar Karya P5 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top