Peringati Bulan Bahasa, SMA Negeri 1 Pracimantoro Adakan Lomba Literasi

Print Friendly and PDF

Penyerahan hadiah lomba pada puncak acara literasi.


Peringati Bulan Bahasa, SMA Negeri 1 Pracimantoro Adakan Lomba Literasi

Wonogiri- majalahlarise.com -Dalam memperingati Bulan Bahasa tahun 2023, Tim Gerakan Literasi Sekolah SMA Negeri 1 Pracimantoro menggelar lomba literasi yang diikuti oleh peserta didik kelas X sampai XII. Tema yang diangkat dalam lomba literasi tahun ini adalah “Cinta Literasi melalui Aktualisasi Seni, Budaya dan Komunikasi”. Lomba dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Oktober 2023. 

Masing-masing kelas diwakili oleh beberapa siswa yang ditunjuk untuk mengikuti lomba yang digelar, yakni lomba Pohon Literasi, Pidato 2 Bahasa (Indonesia dan Jawa), Vlog, Kompilasi Tari Nusantara. Untuk lomba Pidato 2 Bahasa diwakili oleh 1 siswa, lomba Vlog diwakili oleh 3 siswa, lomba Kompilasi Tari Nusantara diwakili oleh 5 siswa, sedangkan sisanya ikut berpartisipasi dalam lomba Pohon Literasi. Para siswa, baik putera maupun puteri sangat antusias dalam mengikuti lomba literasi yang digelar setiap tahun.

Puncak acara lomba literasi dilaksanakan Senin, 30 Oktober 2023 di halaman sekolah dengan menampilkan 3 peserta terbaik dari masing-masing jenis lomba dan diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi yang juara. Dalam puncak acara, semua bapak/ibu guru dan karyawan beserta para siswa ikut menyaksikan. Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para juara atas penampilan terbaik yang mereka persembahkan sehingga dapat memberikan hiburan serta motivasi bagi siswa yang lain untuk mengembangkan bakat dan minat mereka.

Salah satu penampilan juara lomba Kompilasi Tari Nusantara.

Baca juga: Prodi Kriya ISI Surakarta Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Tas Makrame Bagi Karang Taruna Desa Perengrejo Colomadu Karanganyar

Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri paminto, S.S, M.Pd. dalam sambutan menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

 “Lomba literasi diharapkan dapat menggali dan mengembangkan potensi serta bakat seni di kalangan generasi muda, khususnya peserta didik SMA Negeri 1 Pracimantoro. Diharapkan kegiatan baik ini dapat dipertahankan dan dilanjutkan untuk tahun mendatang,” terangnya. 

Di akhir sambutan, pihaknya mengajak para siswa untuk menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa untuk mengungkapkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Choleta Surani, S.Pd. mengatakan kegiatan lomba literasi ini bertujuan untuk menumbuhkan bakat dan kreativitas seni di kalangan anak muda serta melahirkan bibit yang kreatif, imajinatif dan komunikatif. 

"Apresiasi yang tinggi kepada para peserta yang penuh semangat mengikuti lomba dengan menampilkan hasil karya yang luar biasa, terlebih untuk para juara. Diharapkan kegiatan lomba literasi ini dapat dilaksanakan untuk tahun selanjutnya karena banyak manfaat yang diperoleh melalui kegiatan ini.” ujarnya. 

Pada puncak acara literasi, pengumuman pemenang lomba sekaligus penyerahan hadiah kepada juara 1, 2, dan 3 dibuka dengan penampilan solo vokal Clares Putri Madiyana dengan membawakan lagu berjudul Dumes. Akhirnya dari 4 jenis lomba yang digelar tahun ini, diperoleh para juara untuk lomba Pohon Literasi : juara 1 kelas XI 2, juara 2 kelas XII IPS 2, juara 3 kelas X 2.  Lomba Pidato 2 bahasa  : juara 1 Retno Wahyuningsih (XII MIPA 1), juara 2 Fatima Fitrirahmania ( XII MIPA 3), juara 3 Muhammad Zalva Islamiraya N.S.A. ( XII MIPA 2). Lomba Vlog : juara 1 Qisty Ayudya Putri Hendriani, Muhammad hanif Asyari, Fajar Rizki Nugroho (XII IPS 2), juara 2 Rini Wijayanti, Gita Desti Rahayu, Sheryl Benita damayanti (XI 3), juara 3 Sera Sai Rani, Bondan Rejendra Bhanu Shafi, Meylana Putri (X 5). Lomba Kompilasi tari Nusantara : juara 1 Monawati Rahayu Bhakti, Alya Saputri, Shintiya Olivia Rahmawati, Nisa Ariyanti, Jannuar Khalinambar Murti (XII IPS 2), juara 2 Maifa Wulandari, Angela Chiqvita Zsazsa Putri N, Heppy Meylany Saputri, Kenya Shofia Ramadhani, Inayah Widyaningrum (XII MIPA 1), juara 3  Nugraheni Dwi Andini, Rialita Arien Aysila, Clares Putri Madiyana, Clara Putri Madiyana, Naylla Shayllie Kartika (XI 2). (Sofyan)

Baca juga: Gelar Karya P5 SMAN 1 Pracimantoro, Dengan Perbedaan Kita Menjadi Satu Kesatuan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top