Prodi Kriya ISI Surakarta Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Tas Makrame Bagi Karang Taruna Desa Perengrejo Colomadu Karanganyar

Print Friendly and PDF

Pemuda dan pemudi karang taruna Desa Perengrejo Colomadu saat membuat Tas Makrame.

Prodi Kriya ISI Surakarta Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Tas Makrame Bagi Karang Taruna Desa Perengrejo Colomadu Karanganyar


Solo- majalahlarise.com -Insitut Seni Indonesia Surakarta Fakultas Seni Rupa dan Desain melalui Prodi Kriya Seni menyelenggarakan pelatihan pembuatan Tas Makrame bagi Karang Taruna Desa Perengrejo Colomadu Karanganyar. Pelatihan ini dilakukan 17 September 2023 sampai 22 Oktober 2023 dengan jadwal dua minggu sekali. 

Pelatihan ini bertujuan memberikan vocational Skill bagi pemuda-pemudi di Karang Taruna tersebut. Pelatihan Tas Makrame dipilih karena selain bahannya yang mudah didapat, produk ini termasuk sangat laku di pasaran. Pelatihan ini diikuti sekitar 20 orang pemuda-pemudi di desa tersebut. 

Kegiatan ini diselenggarkan oleh dosen Prodi Kriya ISI Surakarta, yaitu Sri Marwati, S. Sn., M.Sn., dan Arfiati Nurul Komariah, S.Sn., M.Sn, selain itu pelatihan ini juga mengikut sertakan tiga mahasiswa yaitu Alsa Floretta Fajr, Anastasia Irma Riani, Muhammad Ridwan Putra Wijaya, ketiganya merupakan mahasiswa angkatan 2022. 


Baca juga: Gelar Karya P5 SMAN 1 Pracimantoro, Dengan Perbedaan Kita Menjadi Satu Kesatuan

Menurut Sri Marwati, S.Sn.,M.Sn selaku ketua PKM, pelatihan ini selain memenuhi salah satu tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) juga bertujuan memberi vocational skill yang bermanfaat bagi pemuda-pemudi karang taruna Desa Pereng Rejo. 

"Pelatihan ini diharapkan dapat melatih jiwa entrepreneurship supaya pemuda-pemudi bisa menambah pendapatan melalui pembuatan tas makrame yang bisa dijual baik secara offline maupun online," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, pelatihan ini dibiayai oleh DIPA ISI Surakarta dengan judul Melatih Jiwa Entrepreneurship Bagi Kelompok Karang Taruna Desa Pereng Rejo Karanganyar Melalui Pelatihan Vocational Skill Pembuatan Tas Makrame. (Sofyan)

Baca juga: Mahasiswa ISI Surakarta Juara III Polri Campus Creator Competition 2023



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top