Tampilan Karawitan Guru dan Karyawan Pukau Tamu Resepsi HUT ke-30 SMAN 1 Manyaran

Print Friendly and PDF

Penampilan karawitan bapak ibu guru dan karyawan SMA Negeri 1 Manyaran.

Tampilan Karawitan Guru dan Karyawan Pukau Tamu Resepsi HUT ke-30 SMAN 1 Manyaran 

Wonogiri- majalahlarise.com- Lantunan gendhing karawitan yang ditabuh oleh bapak ibu guru beserta karyawan berjudul Gugur Gunung, Ojo Dipleroki dan Prau Layar memberikan sajian pentas apik dan menarik dalam acara Resepsi HUT ke-30 SMA Negeri 1 Manyaran. Bertempat di halaman sekolah. Kamis (5/10/2023).

Selain itu, tampilan tari Gambyong dan tari Sintren dari siswa serta hiburan campursari dari Bamesti menambah kemeriahan acara yang dihadiri Camat Manyaran, Kepala KUA Manyaran, Kepala SMP/MTs se-Manyaran, kepala desa Bero, Pengawas SMA Cabdin Pendidikan Wilayah 6 Jawa Tengah, tokoh masyarakat, komite sekolah dan tamu undangan lainnya. 

Kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Budiono saat ditemui disela-sela acara mengatakan sesuai tema peringatan HUT sekolah yaitu Bangun Mimpi Raih Prestasi Bersama Menggelora Dalam Berkarya, mimpi-mimpi selama 30 tahun SMA Negeri 1 Manyaran bisa diwujudkan. Terlebih usia 30 tahun kalau dilihat dalam usia manusia dianggap sebagai waktu menata diri dan mulai mapan. Sehingga dengan kemapanan ini mimpi yang sudah dibuat selama 30 tahun bisa tercapai.

Pemotongan tumpeng HUT ke-30 SMAN 1 Manyaran oleh kepala sekolah, Budiono.


Baca juga: Bazar P5 Kearifan Lokal Ikut Semarakkan HUT ke-30 SMAN 1 Manyaran

"Dalam rangkaian ini kami mewujudkan salah satunya pertunjukan dari bapak ibu guru dan karyawan merupakan salah satu simbol di SMA Negeri 1 Manyaran tidak hanya bisa memberi perintah. Tetapi juga bisa memberi contoh nyata bahwa guru pun bisa berprestasi salah satunya dengan melestarikan budaya Jawa lewat seni karawitan," ungkapnya.

Ketua panitia, Wanti Kurniasih dalam laporan menyampaikan kegiatan perayaan selama 5 hari dimulai hari Jumat tanggal 29 September 2023 sampai Kamis 5 Oktober 2023. Agenda yang dilaksanakan lomba intern antar siswa meliputi lomba logo ulang tahun, lomba K3, lomba tumpeng, pertandingan bola voli antar SMA se-kabupaten Wonogiri, bazar makanan dan produk kerajinan siswa sekaligus perayaan P5 dengan tema kearifan lokal, pentas seni diikuti siswa SMP di wilayah Manyaran dan Wuryantoro serta siswa SMA Negeri 1 Manyaran dan resepsi pada hari ini.

"Slogan yang kami gunakan untuk hut ke-30 ini Extraordinary yang artinya luar biasa mengandung harapan semoga di usia yang ke-30 tahun ini dan selanjutnya kami benar-benar bisa membuktikan kami luar biasa dalam semangat berkarya maupun berprestasi," tuturnya.

Sementara itu, Pengawas SMA Cabdin Pendidikan Wilayah 6 Jawa Tengah, Drs. Setyawan, M.Pd dalam sambutan memberi apresiasi kepada bapak ibu guru dan karyawan yang menampilkan seni karawitan dan tampilan tarian siswa.

Dikatakan pula, sampai saat ini Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah belum mengizinkan kegiatan ulang tahun yang dilaksanakan secara spektakuler mendatangkan artis dari luar. Sehingga pihaknya mengapresiasi ulang tahun yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Manyaran menampilkan potensi siswa diawali berbagai lomba internal.


"Ada kebanggaan para siswa tampil. Saya memberi apresiasi tari yang anak-anak bawakan punya rasa percaya diri menampilkan penuh ekspresi. Ini kalau tidak biasa tidak mungkin bisa," ujarnya.

Di tempat yang sama, Camat Manyaran, Toto Tri Mulyarto mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-30 untuk SMA Negeri 1 Manyaran dan berharap sesuai dengan tema yaitu Bangun Mimpi Raih Prestasi Bersama Menggelora Dalam Berkarya menjadi sebuah semangat untuk SMA Negeri 1 Manyaran dapat mewujudkan cita-cita bersama mencetak generasi muda yang unggul menuju Indonesia emas tahun 2045 nanti. (Sofyan)

Baca juga: Mahasiswa UGM Mengembangkan Teknologi Filterasi Guna Mengurangi Zat Besi Pada Air Tanah Berbasis IoT


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top