MI Al Alim Wonogiri Juara 1 Lomba Karawitan Pelajar Tingkat SD Tahun 2023

Print Friendly and PDF

Penampilan salah satu peserta lomba Karawitan Pelajar Tingkat SD Tahun 2023.

MI Al Alim Wonogiri Juara 1 Lomba Karawitan Pelajar Tingkat SD Tahun 2023

Wonogiri- majalahlarise.com -Sebanyak 17 kolompok karawitan SD se-Kabupaten Wonogiri ikut serta dalam Lomba Karawitan Pelajar Tingkat Sekolah Dasar (SD) yang merupakan kegiatan penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana DAK nonfisik BOP Museum dan Taman Budaya Tahun 2023 di Museum Wayang Indonesia Wonogiri. Selasa (24/10/2023).

Adapun 17 peserta lomba yaitu SDN Selopukang Sendang Wonogiri, SD Kanisius Baturetno, SDN 3 Pandeyan Jatisrono, SDN 1 Kerjo Kidul Ngadirojo, SDN 1 Sempukerep Sidoharjo, SDN 1 Gedong Pracimantoro SDN 4 Eromoko, SDN 2 Tekaran Selogiri, SDN 1 Ngroto Kismantoro, SDN 3 Gemawang Ngadirojo, SDN 1 Pelem Jatisrono, SD Negeri 1 Slogohimo, Korwilcambidik Wuryantoro, SDN 1 Bangsri Purwantoro, MI Al-Alim Wonogiri, SDN 1 Sanggrong Jatiroto, SDN 1 Jatiroto. 

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Eko Sunarsono saat ditemui disela-sela perlombaan mengatakan perlombaan karawitan ini sebagai salah satu sarana dalam membentuk karakter anak yang saat ini ada ancaman degradasi moral. Selain itu untuk melestarikan seni budaya daerah yang dimiliki.

Baca juga: NONGKI Milenial Manyaran Bersama Verawati Joko Sutopo (Istri Bupati Wonogiri)

"Harapannya supaya anak memahami betul tentang budaya. Kita kembali kepada kearifan lokal warisan para leluhur. Bicara tentang budaya itu bicara ideologi yang luarannya perilaku. Sehingga dari pengajaran karawitan lebih mengutamakan proses pembentukan karakter dan perilaku," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Eko Sunarsono, dalam lomba karawitan ini anak mengalami proses berinteraksi dengan teman, berinteraksi dengan guru, bekerjasama satu dengan lainnya. 

"Hasil lomba bagi kami itu nomor sekian karena masing-masing kelompok karawitan mempunyai kelebihan masing-masing. Lebih penting adalah proses pembelajaran saat mereka belajar budaya. Penekanannya lebih pada persatuan dan kesatuan, karena roh budaya itu kebersamaan," jelasnya.

Setelah diadakan penjurian ditetapkan juara Lomba Karawitan Pelajar Tingkat SD Tahun 2023 yaitu Juara 1 MI Al Alim (Honocoroko) Wonogiri, juara 2 SDN Pelem Jatisrono, juara 3 SDN 1 Slogohimo, Juara Harapan 1 SDN 3 Gemawang Ngadirojo, juara harapan 2 SDN Sempukerep Sidoharjo, juara harapan SDN 1 Kerjo Kidul Ngadirojo. (Sofyan)

Baca juga: Gelar Produk dan Panen Karya P5 SMP Negeri 1 Manyaran Berlangsung Meriah



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top