Mahasiswa Semester 1 Prodi Ilmu Komunikasi Univet Bantara Pelajari Penggunaan Aplikasi Publish Or Perish dan Aplikasi Mendeley

Print Friendly and PDF

Narasumber Dr. Joko Suryono (Dosen FISH Univet Bantara) saat menyampaikan materi tentang penggunaan Aplikasi Publish Or Perish dan Aplikasi Mendeley.


Mahasiswa Semester 1 Prodi Ilmu Komunikasi Univet Bantara Pelajari Penggunaan Aplikasi Publish Or Perish dan Aplikasi Mendeley

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo menyelenggarakan workshop “Penggunaan Aplikasi Publish Or Perish Dan Aplikasi Mendeley untuk Membuat Otomatisasi Referensi Pustaka dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa” diikuti mahasiswa semester 1 menghadirkan narasumber Dr. Joko Suryono (Dosen FISH Univet Bantara) dan Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom (Dosen FISH Univet Bantara). Bertempat di ruang Seminar Gedung D Lantai 2. Senin (23/10/2023).

Dekan FISH Univet Bantara, Dr. Yoto Widodo dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan workshop ini sangat penting bagi mahasiswa dan tepat dilaksanakan pada awal mahasiswa masuk atau mahasiswa semester 1 sudah dikenalkan dan diberikan tentang aplikasi Publish Or Perish dan Aplikasi Mendeley untuk mempermudah mahasiswa mencari referensi dan menyusun daftar pustaka yang baik dan benar.

"Mahasiswa ketika menyusun karya tulis ilmiah harus mencantumkan sumber-sumber yang dikutip oleh penulis. Kalau tidak ada sumber kutipan dianggap jiplakan atau plagiat," ungkapnya.

Baca juga: Penerbangan Balon Udara Tandai Dimulai Rangkaian Kegiatan HUT ke-32 SMAN 3 Wonogiri

Lebih lanjut dikatakan, melalui pengunaan aplikasi tersebut mahasiswa dimudahkan mencari referensi dari berbagai web di internet, sehingga akan memperkaya pengetahuan dan referensi.

"Harapannya karya-karya tulis, tugas kuliah, penelitian yang terkait dengan Dikti dan sebagainya akan semakin baik, berkualitas dan berbobot," harapnya.

Sementara itu, Hariyanto, M.I.Kom mengatakan penggunaan Aplikasi Publish Or Perish dan Aplikasi Mendeley biasanya diajarkan pada mahasiswa semester 3 tetapi sekarang diajarkan pada mahasiswa semester 1 agar mengenal lebih awal dan menguasai penggunaannya. 

"Dengan menggunakan aplikasi ini mempermudah dan mempercepat mahasiswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dosen terkait penulisan karya tulis ilmiah. Aplikasi Publish Or Perish digunakan untuk mencari artikel jurnal ilmiah dari berbagai platform seperti google scholar dan sebagainya. Sedangkan aplikasi Mendeley untuk mempermudah mendapatkan referensi dan daftar pustaka," jelasnya. (Sofyan)

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Gelar Octofest 2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top