Tim SPI ISI Surakarta Ikuti Pelatihan Auditor Internal

Print Friendly and PDF

Tim Satuan Pengawas Internal Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta beserta pembicara dan peserta In House Training (IHT) Internal Auditor Perguruan Tinggi saat foto bersama.

Tim SPI ISI Surakarta Ikuti Pelatihan Auditor Internal

Solo- majalahlarise.com -Tim Satuan Pengawas Internal Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Mengikuti In House Training (IHT) Internal Auditor Perguruan Tinggi, pada tanggal Senin-Jumat (28/8-1/9) di Hotel Aston Jember, Jawa Timur.

Titus Soepono Adji, S.Sn., M.A. (Ketua SPI ISI Surakarta) dan anggota terdiri dari Ana Anik Widowati, S.E., Dony Yuwono, S.Kom, MM, Dra. Dewi Nurnani, M.Hum dan Hartanto, S.Sn, M. Sn mengikuti kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan peran Satuan Pengawasan Internal di ISI Surakarta. 

“Selain itu pelatihan ini juga upaya kami untuk meningkatkan pendampingan evaluasi RKA dan penyusunan laporan keuangan,  memantau manajemen resiko yang telah di buat oleh tim manajemen risiko, dan mengawasi pengadaan barang dan jasa sesuai dengan peraturan yang berlaku sesuai dengan kebutuhan sarpras yang diajukan,” demikian dikatakan Ketua SPI Titus Soepono Adji. 

Baca juga: Luncurkan 24 Kelas Inspirasi, Pacu Siswa Merdeka Belajar

Kegiatan ini digelar oleh SPI Universitas Jember (UNEJ) secara rutin sejak tahun 2013 yang diikuti peserta dari berbagai Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS di Indonesia. Penyelenggaraan IHT SPI UNEJ tahun ini melibatkan beberapa pemateri dari BPK RI Kementerian Keuangan dan Praktisi Internal Auditor yang kompeten.

IHT Internal Audit Tahun 2023 ini mengambil tema "Peran Auditor Internal dalam Pencegahan Fraud Melalui Manajemen Risiko dan Penguatan Three Lines of Defense". Tema ini diambil mengingat pentingnya pembangunan kapabilitas manajemen risiko dalam proses bisnis organisasi Internal Auditor yang perlu memberikan rekomendasi untuk memastikan pertahanan internal organisasi terhadap risiko telah kuat.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode tutorial kelas, diskusi, HT dan praktek Melalui HT ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya di bidang audit internal sehingga dapat memberikan manfaat bagi instansi masing-masing.

Materi pelatihan mencakup pengelolaan/ manajemen resiko, audit pengadaan barang dan jasa, audit sumber daya manusia, dan mitigasi resiko hukum. 

Output dari kegiatan ini berupa rincian rencana kerja (tindakan penanganan resiko), kertas kerja audit, dan monev realisasi anggaran.

Setelah mengikuti kegiatan ini Tim SPI ISI Surakarta akan melakukan tindak lanjut yang meliputi peningkatan audit di masing-masing unit kerja di bidang keuangan, pengadaan barang jasa, SDM dan manajemen risiko, serta meningkatkan peran SPI di lingkungan ISI Surakarta secara komprehensif. (humasisiska/ Sofyan)

Baca juga: DMB ISI Solo Latih Siswa SMK Negeri 4 Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top