Mahasiswa Baru Univet Bantara Ikuti PKKMB Tradisi Prestasi

Print Friendly and PDF

 

Ketua YPPP Veteran, Rektor Univet serta jajaran, dan mahasiswa baru saat foto bersama usai pembukaan PKKMB.

Mahasiswa Baru Univet Bantara Ikuti PKKMB Tradisi Prestasi

Sukoharjo- majalahlarise.com -Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) tahun akademik 2023/ 2024 mengangkat tema Tradisi Prestasi diikuti 1.207 mahasiswa baru yang dilaksanakan secara luring selama tiga hari, Senin-Rabu (18-20/9/2023). Bertempat di Auditorium kampus.

Ketua PKKMB, Hamda Kharisma Putra dalam laporan menyampaikan PKKMB diikuti dari jumlah 1.207 terdiri 813 mahasiswa baru dari semua program studi, 54 mahasiswa Pasca Sarjana, 131 mahasiswa PPG pra jabatan, 209 mahasiswa PPG dalam jabatan (Daljab) sebagai undangan.

"PKKMB merupakan wahana untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dengan memberikan bekal keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

"PKKMB juga sebagai ajang implementasi mengenai kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) serta menjadi ajang penyadaran pentingnya globalisasi dan revolusi industri 4.0. Mahasiswa diharapkan akan menjadi alumni Perguruan Tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air dan berdaya saing global," paparnya.

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani saat memasangkan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru.

Baca juga: Desain Interior ISI Solo Raih 3rd Winner Most Favorite Category IFFINA 2023

Lebih lanjut, Hamda Kharisma Putra menerangkan pelaksanaan kegiatan mengikuti panduan PKKMB tahun 2023 Direktorat Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi. Selain itu, dalam PKKMB Univet Bantara juga disampaikan materi-materi muatan lokal yang dianggap penting sesuai kebutuhan mahasiswa.

"Materi motivasi dan pengenalan Sukoharjo, bahaya narkoba, Pendidikan Antikorupsi, sistem informasi Univet Bantara, sistem pembelajaran daring atau Spada, pengetahuan tentang kemahasiswaan dan sosialisasi pembayaran dengan bank Jateng maupun BTN," jelasnya.

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Farida Nugrahani saat ditemui awak media usai upacara pembukaan PKKMB menyampaikan kehadiran mahasiswa baru di kampus menjadi semarak dan semakin bersemangat.

"Kami siap membawa mahasiswa untuk menjadi orang-orang sukses dimasa depan. Kami akan membekali mereka tidak hanya ilmu pengetahuan tetapi juga dengan banyak ketrampilan. Kami menyiapkan kurikulum MBKM yang bekerjasama dengan perguruan tinggi, dengan instansi, perusahaan mana saja yang bisa memberi kesempatan kepada mahasiswa menimba pengalaman, belajar tentang kasus-kasus kehidupan. Sehingga nanti mereka lebih siap ketika lulus bisa tidak gagap menghadapi lapangan pekerjaan," paparnya.

Disampaikan pula, tahun ini jumlah mahasiswa baru belum bisa mencapai target yang ditetapkan 1500 mahasiswa baru. Pihaknya berharap tahun depan bisa mencapai target bahkan melebihi target karena menambah program studi baru.

"Kami akan menambah lima program studi baru yaitu hukum, akuntansi, PAUD, Penjas dan administrasi rumah sakit," tuturnya. (Sofyan)

Baca juga: Tim Struktural SD Muhammadiyah PK Banyudono Studi Banding ke SD UMP Purwokerto


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top