Tim PKM Dosen FSRD ISI Surakarta Dampingi Remaja Masjid Darussalam, Cengklik Boyolali, Beri Materi Rebranding di Medsos

Print Friendly and PDF

Tim PKM Dosen FSRD ISI Surakarta saat memberi materi Rebranding di Medsos.

Tim PKM Dosen FSRD ISI Surakarta Dampingi Remaja Masjid Darussalam, Cengklik Boyolali, Beri Materi Rebranding di Medsos

Solo- majalahlarise.com -Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan berupa pelatihan kepada peserta 20 remaja masjid yang saat ini berperan sebagai pengelola dari kalangan milenial agar kegiatan di Masjid Darussalam, Kecamatan Cengklik, Kabupaten Boyolali ini diharapkan citra organisasi masjid lebih baik dan menarik.

Tim PKM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik Perorangan ini didanai oleh hibah DIPA ISI Surakarta tahun anggaran 2023.

Pelatihan yang dilakukan antara lain, pelatihan re-branding masjid menggunakan instagram, re-branding masjid sebagai tempat ibadah umat muslim yang dekat dengan obyek wisata dan meningkatkan promosi melalui sosial media khususnya instagram untuk mempromosikan kegiatan masjid dan letak masjid yang dekat dengan obyek wisata pada Sabtu, 16 September 2023.

Pelatihan ini juga memberi materi pelatihan pengarsipan dokumen masjid, serta surat menyurat sehingga seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Masjid Darussalam dapat terdata dengan baik. 

Baca juga: Mahasiswa Baru Univet Bantara Ikuti PKKMB Tradisi Prestasi

Pelatihan ini diberikan oleh Wahid Tuftazani Rizqi, M.Pd. dan Monica Revias Purwa Kusuma, S.Sn., M.Sn. selaku narasumber yang merupakan Dosen FSRD ISI Surakarta.

Menurut Revias selaku salah satu pemateri, penerapan yang harus dilakukan oleh pengelola masjid Darussalam saat ini adalah menerapkan branding untuk masjid, contohnya membuat logo untuk diterapkan di semua media promosi, membuat petunjuk arah untuk menuju ke masjid, membuat spanduk di depan atau di sekitar masjid, membuat poster untuk informasi kegiatan masjid dan yang terakhir membuat media sosial untuk sharing kegiatan masjid.

Zaenal, S.Pd.I sebagai wakil ketua Takmir menjelaskan kegiatan pelatihan peningkatan SDM ini dapat meningkatkan pengembangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing remaja masjid Darussalam dalam hal manajemen tata kelola masjid.

Sedangkan menurut Ardi, salah satu peserta sekaligus ketua Remaja Masjid Darussalam menyatakan antusiasnya dalam mengikuti acara ini dan mengucapkan banyak terima kasih atas pelatihan yang baru didapatkan. Acara ini sangat berguna bagi dirinya dan seluruh anggota remaja masjid dalam meningkatkan kualitas SDM dan branding masjid Darussalam yang letaknya berdekatan dengan obyek wisata waduk Cengklik.

Peserta pelatihan merupakan takmir dan remaja masjid Darussalam yang menjadi pengelola masjid. Pelatihan ini diprakarsai oleh Ditya Fajar Rizkizha, S.Sn., M.Sn. selaku ketua pelaksana, Wahid Tuftazani Rizqi, M.Pd. dan Ayu Ratna Pertiwi, S.T., M.Ars sebagai anggota dan dibantu 2 (dua) mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dari angkatan 2022.

Ditya Fajar Rizkizha, S.Sn., M.Sn selaku ketua pelaksana berharap dengan diadakannya acara ini adalah dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi pengurus dan pengelola remaja masjid Darussalam, kemudian dapat meningkatkan pengelolaan manajemen dan tata kelola yang baik serta dapat memanfaatkan media sosial khususnya instagram untuk memberikan informasi-informasi rutin yang dilakukan mengenai kegiatan masjid kepada khalayak luas sebagai media branding dakwah.

Acara pelatihan berakhir dengan kegembiraan di wajah para peserta yang hadir. Usai mendapatkan ilmu yang bermanfaat, acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada para peserta yang beruntung dan dipilih pemenang desain terbaik pembuatan konten digital untuk instagram.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat ditingkatkan dan keberlanjutan agar remaja pengurus masjid lebih berdaya dan meningkat kompetensi kedepannya. (Sofyan)

Baca juga: Desain Interior ISI Solo Raih 3rd Winner Most Favorite Category IFFINA 2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top