Satu Bulan Menjalani KKN, Kelompok 73 KKN Univet Bantara Sukoharjo Mengikuti Monev KKN

Print Friendly and PDF

Tampilan layar Kelompok 73 KKN Univet Bantara Sukoharjo mengikuti Monev KKN


Satu Bulan Menjalani KKN, Kelompok 73 KKN Univet Bantara Sukoharjo mengikuti Monev KKN

Sukoharjo- majalahlarise.com -Setelah hampir satu bulan sejak diterjunkan ke Desa Kemasan, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo pada Senin 31 Juli 2023, Kelompok 73 KKN Univet Bantara Sukoharjo mengikuti kegiatan Monitoring & Evaluasi (Monev) program kerja KKN Tematik “Pemberdayaan Masyarakat Untuk Menciptakan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal” yang dilakukan secara daring. Jumat, (25/8/2023). 

Acara Monev dipimpin oleh Petugas Monev KKN Univet Bantara Sukoharjo Periode tahun 2023/2024 terdiri Ahimsa Kandi Sariri, SP., M.Sc.; Titik Haryanti, SKM., MPH. dan Nurratri Kurnia Sari, S.Pd., M.Pd. dan dihadiri oleh perwakilan Kelompok 73 KKN Univet Bantara Sukoharjo bertujuan untuk memastikan bahwa program KKN berjalan dengan baik, sesuai dengan tujuan, dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat serta mahasiswa yang terlibat. 

Arina Fadhilah, juru bicara Kelompok 73 KKN Univet Bantara Sukoharjo dalam presentasinya menyampaikan capaian Program Kerja yang telah sukses dilaksanakan diantaranya program kerja kesehatan terkait dengan sosialisasi pencegahan dan penaggulangan stunting di desa kemasan, penyuluhan kesehatan tentang pembuatan menu bergizi dari daun kelor, Program kerja keagamaan dan Bakti sosial ke pondok pesantren Raudhotul jannah, melakukan edukasi mengenai tumbuh kembang balita menggunakan alat kegiatan buku/ lembar balik dan Gerak jalan bersama warga Dukuh Kadrengan dalam rangka HUT RI ke-78.

Dalam tanggapannya Petugas Monev KKN Univet Bantara Sukoharjo cukup puas dengan capaian kinerja Kelompok 73 atas Proker-proker yang telah berhasil dijalankan dan sebagian yang sedang dalam proses pelaksanaan. 

Melalui Monev ini setiap kelompok dapat mengukur dampak positif yang dihasilkan dari program KKN. Hal ini dapat mencakup dampak sosial, ekonomi, lingkungan, dan keberlanjutan dari proyek-proyek yang dilakukan oleh mahasiswa. Hasil dari monev KKN ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki atau disesuaikan dalam pelaksanaan program. Hal ini membantu meningkatkan kualitas program KKN di masa mendatang.

"Melalui monev ini, dapat dinilai sejauh mana mahasiswa mendapatkan pembelajaran yang bermanfaat dari pengalaman KKN. Evaluasi ini dapat membantu mengukur peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Monev KKN ini akan membantu memastikan akuntabilitas terhadap semua pihak yang terlibat, termasuk mahasiswa, perguruan tinggi, masyarakat, dan instansi terkait. Ini menciptakan transparansi dalam pelaksanaan program. 

"Evaluasi monev ini juga dapat membantu mengidentifikasi proyek-proyek yang berpotensi untuk diteruskan atau dikelola oleh masyarakat setelah berakhirnya program KKN. Ini dapat meningkatkan dampak jangka panjang dari program," ungkapnya.

Ratna Nur Santi selaku Kelompok 73 KKN Univet Bantara Sukoharjo, dalam kalimat penutupnya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Petugas Monev KKN Univet Bantara Sukoharjo atas saran, masukan untuk perbaikan berkelanjutan atas program kerja yang telah dilakukan serta ucapan terimakasih kepada seluruh anggota kelompok 73 atas kekompakan dan kebersamaan dalam menjalankan program kerja KKN yang selalu semangat dan tak kenal lelah. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top