Dosen DKV ISI Surakarta Dampingi Lewat Pelatihan Desain Kemasan dan Label Produk UMKM Kota Magelang

Print Friendly and PDF

Dosen dari Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta memberikan wawasan mendalam mengenai Pengetahuan Desain Kemasan dan Label Produk UMKM kepada para peserta pelatihan.


Dosen DKV ISI Surakarta Dampingi Lewat Pelatihan Desain Kemasan dan Label Produk UMKM Kota Magelang

Magelang- majalahlarise.com -Dalam upaya untuk meningkatkan daya saing produk UMKM, Disperindag Kota Magelang telah mengundang dua narasumber berpengalaman dalam bidang desain, yaitu Ipung Kurniawan Yunianto, M.Sn., ACP., dan Indriati Suci Pravitasari, M.Sn., keduanya merupakan dosen dari Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Keduanya memberikan wawasan mendalam mengenai Pengetahuan Desain Kemasan dan Label Produk UMKM kepada para peserta pelatihan.

Kegiatan bertujuan untuk memberikan dorongan positif bagi pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Magelang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota tersebut memprakarsai sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM melalui Pelatihan Desain Kemasan dan Label.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dimulai dari Selasa - Kamis, 22 - 24 Agustus 2023, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Industri Kecil Menengah (IKM) Center yang beralamatkan di Jalan Suprapto, Magersari, Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: Satu Bulan Menjalani KKN, Kelompok 73 KKN Univet Bantara Sukoharjo mengikuti Monev KKN

Salah satu fokus utama dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan kemasan dan label produk, branding produk UMKM dan tutorial langkah demi langkah dalam merancang desain kemasan dan label. 

Dalam rilisnya Ipung Kurniawan Yunianto sebagai pemateri menyatakan dengan pendekatan praktis ini, para pelaku UMKM akan diberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk mengembangkan identitas visual yang kuat bagi produk-produk mereka, memikat pasar, dan meningkatkan daya tarik konsumen.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Syaifullah, selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, dimana dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari komitmen pemerintah kota untuk mendukung UMKM dalam menghadapi persaingan perdagangan yang semakin ketat. 

"Dengan meningkatkan kualitas desain kemasan dan label, UMKM dapat memperluas pasar dan meraih perhatian konsumen dengan lebih baik," ungkapnya.

Indriati Suci Pravitasari yang juga salah satu pemateri menjelaskan para peserta pelatihan ini diharapkan akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya desain kemasan yang menarik dan informatif dalam membedakan produk di pasaran yang semakin padat. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para narasumber berpengalaman dan berbagi pengalaman serta pandangan dengan sesama pelaku UMKM. (Sofyan)

Baca juga: SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Jumat Sehat dan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top