Mahasiswa KKN Univet Menyumbang Inovasi UMKM Baru dengan Pelatihan Serbuk Jahe

Print Friendly and PDF

Pelatihan pembuatan serbuk jahe pada acara PKK Dusun Derso, Kayuapak, Kecamatan Polokarto. Pelatihan tersebut menggandeng narasumber ahli bidang jamu yaitu Lutvia Septiana, A.Md.Kes dan Fitria Nur Addina, A.Md.Kes.


Mahasiswa KKN Univet Menyumbang Inovasi UMKM Baru dengan Pelatihan Serbuk Jahe

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa perlu terlibat dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Sebab, pemanfaatan maksimal dari bonus demografi tak bisa hanya bergantung pada penciptaan lapangan kerja oleh industri atau perusahaan.

Jahe merupakan tanaman dengan seribu manfaat terutama untuk kesehatan. Tanaman jahe mudah ditemukan di wilayah Kayuapak, Polokarto, Sukoharjo. 

Berlatar belakang hal tersebut Mahasiswa KKN Univet pada Minggu, 27 Agustus 2023 mengadakan pelatihan pembuatan serbuk jahe pada acara PKK Dusun Derso, Kayuapak, Kecamatan Polokarto. Pelatihan tersebut menggandeng narasumber ahli bidang jamu yaitu Lutvia Septiana, A.Md.Kes dan Fitria Nur Addina, A.Md.Kes. Materi yang dipaparkan oleh narasumber sangat lengkap, seperti jenis, karakteristik hingga manfaat dari tanaman jahe. Peserta pelatihan juga menunjukan antusias dengan ikut serta membantu saat demonstrasi.

”Pembuatan serbuk jahe ini tergolong mudah ya, dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Sehingga harapannya bisa dipraktikkan di rumah masing-masing,” ucap Lutvia selaku narasumber. 

Mewakili Mahasiswa KKN, Prasetya Arif Wibawa berharap dengan pelatihan ini dapat menjadi inovasi untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi ibu-ibu di rumah.

"Respon positif salah satu peserta ditunjukan dengan pernyataan dan ekspresi gembira, senang kalau ada kegiatan seperti ini. Selain menambah wawasan baru, juga bisa dipraktikkan di rumah," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Prasetya Arif Wibawa, seusai demonstrasi mahasiswa KKN Univet membagikan 100 packing serbuk jahe untuk masyarakat sebagai sample hasil pembuatan. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top