Mahasiswa KKN Unisri Perkuat Personal Branding UMKM Bawang Goreng di Desa Pakang

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat memasang stiker produk.


Mahasiswa KKN Unisri Perkuat Personal Branding UMKM Bawang Goreng di Desa Pakang

Boyolali- majalahlarise.com -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melaksanakan program kerja (proker) yaitu membuat Personal Branding berupa pembuatan spanduk MMT dan stiker produk kepada salah satu UMKM lokal di Desa Pakang, kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali.

Mahasiswa pelaksana kegiatan, Yohanes Dimas kepada majalahlarise.com menyampaikan KKN merupakan program wajib yang dilaksakan mahasiswa dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat guna mengembangkan kepekaan rasa dan sosial mahasiswa serta membantu proses pembangunan. Salah satu projek KKN untuk mahasiswa adalah Program Kerja atau disebut Proker yaitu program dimana semua mahasiswa diwajibkan menciptakan sebuah program yang membangun atau membantu untuk masyarakat.

"UMKM yang menonjol di Desa Pakang adalah penghasil bawang goreng bernama Bawang Goreng Dua Putra dimiliki oleh Ibu Aini Rozikoh telah memasarkan bawang goreng ke berbagai tempat sampai luar kota. Karena hal tersebut mahasiswa tertarik untuk memperkuat Personal Branding UMKM tersebut dengan mencari apa yang kurang terhadap Personal Branding usaha itu," terangnya.

Mahasiswa KKN Unisri saat foto bersama pemilik UMKM Bawang Goreng Dua Putra di bawah spanduk MMT.


Lebih lanjut dikatakan Yohanes Dimas, setelah dirinya bersama mahasiswa lain melakukan survei di UMKM Bawang Goreng Dua Putra menemukan kekurangan terhadap branding yaitu kurangnya pengenalan branding mereka dalam bentuk promosi.

"Maka dari itu mahasiswa ingin memperkuat branding mereka dengan cara menambah spanduk MMT dan stiker dalam bentuk Personal Branding UMKM tersebut. Setelah berbincang dengan pemilik usaha dan menjelaskan Proker Individu yang berfokus terhadap Personal Branding, ia pun setuju dalam pembuatan MMT dan stiker untuk usahanya," tuturnya.

Disampaikan pula, pada hari Selasa, 8 agustus 2023 mahasiswa kembali ke UMKM Bawang Goreng Dua Putra untuk melakukan pemasangan MMT dan memasang stiker untuk usaha mereka. 

"Dengan selesainya melaksanakan Proker Individu yang bertema Personal Branding terhadap UMKM Bawang Goreng Dua Putra dengan cara memasangkan spanduk MMT dan stiker terhadap produk, mahasiswa berharap pemberian branding kepada usaha tersebut bisa meningkatkan tingkat penjualan mereka dan berguna untuk masa depan UMKM Bawang Goreng Dua Putra," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top