Sukses 141 Peserta Didik Baru SMAN 1 Manyaran Ikuti MPLS

Print Friendly and PDF

 

Kegiatan absensi pembagian kelas bagi peserta didik baru usai mengikuti serangkaian kegiatan MPLS.

Sukses 141 Peserta Didik Baru SMAN 1 Manyaran Ikuti MPLS

Wonogiri- majalahlarise.com -Sebanyak 141 peserta didik baru SMA Negeri 1 Manyaran tahun pelajaran 2023/2024 mengikuti MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kegiatan ini sukses dilaksanakan selama tiga hari. Senin, Selasa, Kamis (17, 18, 20/7/2023).

Kepala SMAN 1 Manyaran diwakili Waka Kesiswaan, Dwi Murgana Andri Sulistyo, S.Pd saat ditemui usai menutup kegiatan mengatakan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah serangkaian kegiatan seputar pengenalan sarana dan prasarana sekolah, program sekolah, konsep pengenalan diri, pembinaan awal kultur/budaya sekolah, hingga pengenalan cara belajar.

"Kegiatan MPLS ini memiliki sasaran yaitu peserta didik baru yang masuk kelas X SMA Negeri 1 Manyaran. Sejatinya dahulu MPLS masih bernama MOS, tepatnya pada tahun 2000-an, kegiatan pengenalan sekolah ini lebih dikenal dengan sebutan MOS atau Masa Orientasi Sekolah. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan pengembangan demi pengembangan, diubah menjadi MPLS sejak tertuang dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru," ujarnya.

Peserta MPLS mengikuti kegiatan baris berbaris dilatih oleh TNI.

Baca juga: Puluhan Siswa SD Mewarnai Karakter Wayang Pawukon Museum Radya Pustaka Sebagai Bagian Hibah Riset Terapan DRTPM

Lebih lanjut disampaikannya, tidak hanya berkenalan dengan beragam fasilitas yang ada di sekolah, MPLS juga mengajak siswa untuk lebih dekat kepada kepada kakak kelas, guru, ataupun tenaga kependidikan lainnya. Dalam MPLS juga diterangkan secara cukup mendetail mengenai kegiatan rutin sekolah, norma yang berlaku, budaya yang ada, serta sistem dan tata tertib yang wajib dipatuhi.

"Terkait dengan kapan waktu penyelenggaraan, sejatinya MPLS hanya diadakan pada hari dan jam pelajaran sekolah. Durasinya paling lama adalah tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran baru," ujarnya.

Masih menurut pria yang akrab disapa pak Murgana ini tujuan dari MPLS yaitu menggali potensi peserta didik baru dengan berbagai karakter dan minat mereka. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif untuk peserta didik baru. Menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, disiplin, hidup bersih dan sehat. Membantu peserta didik beradaptasi dengan aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya. Meningkatkan rasa percaya diri dan mengasah keterampilan siswa.


"Materi yang disampaikan saat MPLS di SMAN 1 Manyaran yaitu Pendidikan Anti Korupsi, Ketertiban dan Kedisiplinan, Wawasan Wiyata Mandala, Tata Krama, Kurikulum Merdeka, Kepramukaan, Belajar yang Efektif dan Menyenangkan, Pendidikan Karakter, dan Pembinaan Mental di Sekolah," terangnya. (Sofyan)

Baca juga: Sambut Tahun Baru Islam, Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pawai


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top