Resmi 210 Peserta Didik Baru SMPN 1 Manyaran Ikuti MPLS

Print Friendly and PDF

 

Kepala SMP Negeri 1 Manyaran, Agus Sumarno, M.Pd secara simbolis menyematkan tanda peserta dimulainya kegiatan MPLS 2023.

Resmi 210 Peserta Didik Baru SMPN 1 Manyaran Ikuti MPLS

Wonogiri- majalahlarise.com -Sebanyak 210 peserta didik baru secara resmi diserahkan oleh Ketua Komite Sekolah mewakili orang tua siswa kepada Kepala SMP Negeri 1 Manyaran dalam upacara bendera dan pembukaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi peserta didik baru Tahun Pelajaran 2023/ 2024. Bertempat di halaman sekolah. Senin (17/7/2023).

Setelah diserahkan kepada sekolah, peserta didik baru terdiri 97 putri dan 113 putra ini mengikuti kegiatan MPLS selama tiga hari. Senin, Selasa, Kamis (17, 18, 20/7/202) yang ditandai penyematan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta MPLS oleh Kepala sekolah.

Kepala SMP Negeri 1 Manyaran, Agus Sumarno, S.Pd, M.Pd mengatakan MPLS merupakan agenda tahunan sekolah yang bertujuan siswa baru dapat segera beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru, mengenal bapak ibu guru, mengenal fasilitas pendukung, kegiatan pembelajaran di sekolah, sekaligus memperkenalkan potensi yang ada di sekolah.

"Kegiatan ini sekaligus menjelaskan kepada peserta didik baru bagaimana belajar di lingkungan jenjang SMP, kurikulum yang digunakan, norma-norma tata tertib yang harus dilaksanakannya termasuk budaya sekolah yang harus dipahami oleh peserta didik baru. Sehingga apa yang menjadi cita-cita atau visi dan misi sekolah bisa dilaksanakan oleh peserta didik baru," ujarnya.


Baca juga: Mensinergikan Langkah Bersama SD Muhammadiyah PK Banyudono Gelar Rapat Kerja

Ketua komite sekolah, Wiyoto menyampaikan peserta didik baru diserahkan untuk mengikuti seluruh kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah diberi pengetahuan, pendidikan, pengajaran, dan seluruh rangkaian kegiatan dalam MPLS. Sehingga nantinya di sekolah ini menjadi siswa yang berbudi pekerti luhur, cerdas dan bertakwa.

"Mohon kepada bapak kepala sekolah dan bapak ibu guru, anak-anak setelah masuk di sini diberi bekal cukup baik yang tadinya tidak bisa menjadi bisa. Tadinya tidak mengerti menjadi mengerti dan tidak terampil menjadi terampil," harapnya.

Sementara itu, ketua MPLS Mulyani menerangkan pada hari pertama MPLS peserta didik baru diperkenalkan bapak ibu guru serta karyawan yang nantinya akan mendidik, membimbing serta mendampinginya selama belajar di sekolah. Mereka menerima materi Wawasan Wiyata Mandala, visi dan misi sekolah, tata Krama siswa, tata tertib siswa.

Hari kedua, peserta didik menerima materi etika pergaulan termasuk pergaulan melalui medsos, pengenalan kurikulum, belajar efektif, diskusi, sharing, permainan kelompok, kreativitas seni budaya.

Pada Hari ketiga, peserta mengikuti upacara bendera, baris-berbaris, pengenalan organisasi kesiswaan/ ekstrakurikuler. Menerima materi tentang kesadaran berlalu-lintas, bahaya miras merokok narkoba, pola hidup sehat, reproduksi sehat. Pengenalan lokasi dan ruang-ruang sekolah. (Sofyan)


Baca juga: Prodi Teknik Industri Univet Bantara Adakan Workshop Pengoperasian Mesin 3D Printer


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top