Kompetisi Debat Mahasiswa Ilmu Komunikasi Univet Bantara, Asah Kemampuan Public Speaking Mahasiswa

Print Friendly and PDF

Suasana praktik debat mahasiswa Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara.

Kompetisi Debat Mahasiswa Ilmu Komunikasi Univet Bantara, Asah Kemampuan Public Speaking Mahasiswa

Sukoharjo- majalahlarise.com -Public speaking merupakan salah satu mata kuliah yang ditempuh oleh mahasiswa semester 6 prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo. Untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan publik speaking mahasiswa diselenggarakan kompetisi debat mahasiswa. Bertempat di laboratorium televisi Gedung FISH lantai 2. Rabu (31/5/2023).

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi sekaligus dosen pengampu mata kuliah public speaking, Henny Sri Kusumawati, S.Sos, M.I.Kom saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan kompetisi debat mahasiswa ini merupakan kegiatan praktik public speaking. Selain itu masih ada agenda lagi berupa kompetisi kelas motivator dengan menghadirkan juri seorang motivator profesional.

"Debat ini kita ambil tema tentang Pilpres dan Pileg terkait artis mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Artis nyaleg sekedar popularitas atau kualitas partai. Karena kita ketahui bagaimana sepakterjang artis di partai politik Indonesia," ungkapnya.



Baca juga: FKIP Univet Bantara Terima Kunjungan dan Kerjasama FKIP Universitas Wiralodra

Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya praktik debat mahasiswa bisa menempatkan public speaking dengan baik sesuai situasi dan kondisi. 

"Beda public speaking konsep MC, konsep talkshow, atau penyaji acara. Beda juga konsep debat ada strategi sebagai debater," ujarnya.

Disampaikan pula, dalam pelaksanaan kompetisi debat ini setiap mahasiswa peserta debat wajib menjawab sebagai juru bicara. "Harapan kedepannya kegiatan ini tetap berlanjut karena mampu melatih kemapuan mereka berbicara dihadapan khalayak. Selain itu sesuai iklim akademik," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Prodi Pendidikan Sejarah Univet Bantara Gelar Kuliah Umum Sejarah Militer dan Sejarah Lokal


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top