Mahasiswa Ilmu Komunikasi Univet Bantara Ikuti Workshop dan Lomba Pembuatan Iklan Media Sosial

Print Friendly and PDF

Nasumber Kudni saat menyampaikan materi pembuatan iklan media sosial.


Mahasiswa Ilmu Komunikasi Univet Bantara Ikuti Workshop dan Lomba Pembuatan Iklan Media Sosial 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa semester 4 Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengikuti workshop dan lomba Periklanan Media Sosial. Kegiatan ini menghadirkan nasumber Kudni (Praktisi Periklanan Property) bertempat di Ruang Seminar Gedung D FISH. Selasa (23/5/2023).

Dekan FISH Univet Bantara, Dr. Yoto Widodo dalam sambutan sekaligus membuka workshop menyampaikan saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia telah menggunakan internet, data awal tahun 2023  menunjukkan 78% atau 215 jutaan masyarakat Indonesia telah menggunakan jasa internet, yang lebih hebat prosentase di pedesaan justru lebih besar dibanding perkotaan. Sehingga sesuatu yang benar apabila media sosial di internet digunakan sebagai media periklanan.

"Oleh karena itu kami berharap mahasiswa mengikuti workshop sungguh-sungguh sehingga di samping menguasai teori juga dapat membuat iklan secara nyata di bawah arahan dan bimbingan Mas Kudni. Sehingga setelah lulus nanti menjadi sarjana yang siap pakai secara keilmuan maupun menerapkn secara nyata di tengah masyarakat," harapnya.

Baca juga: Siswa SMA/SMK se-Sukoharjo Ikuti English Story Telling Competition UPT Bahasa Univet Bantara

Ketua penyelenggara, Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom mengatakan kegiatan workshop ini untuk mempersiapkan mahasiswa semester 4 sebagai seorang agen iklan. Mereka mampu mengiklankan apapun produknya termasuk branding dirinya sebagai mahasiswa komunikasi yang profesional.

"Kita membekali mahasiswa dengan mendatangkan pakar dari dunia usaha untuk sharing pengalamannya. Mereka terima sebagai wawasan sehingga mahasiswa mengikuti jejak orang-orang sukses terutama pakar-pakar telah sukses menjalani profesi di periklanan media sosial," ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Joko Suryono selaku dosen pengampu mata kuliah pemberdayaan wirausaha komunikasi  menerangkan kegiatan ini memfasilitasi mahasiswa sesuai mata kuliah yang ditempuh saat ini. 

"Seorang wirausaha itu juga harus memiliki kemampuan komunikasi pemasaran di era digital. Salah satunya mampu membuat sebuah iklan di media sosial," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam workshop ini mahasiswa diajarkan langkah membuat iklan media sosial yaitu menulis copy write, membuat audio visual selanjutnya dishare ke media sosial Facebook, Instagram, Tiktok, YouTube.


Baca juga: Ustad Jatmiko Terima Serifikat Pembekalan Narasumber Berbagi Praktik Baik

"Setelah mahasiswa mengikuti workshop, mereka akan cooperatif learning atau belajar bersama, diskusi bersama membuat iklan. Setelah iklan tersebut jadi akan ditempatkan di media sosial mana saja. Dari karya-karyanya yang baik, menarik memiliki segmentasi efek sesuai segmentasi akan kita nilai dilombakan dan kita beri penghargaan," jelasnya.

Dalam pemaparan materi, narasumber Kudni menerangkan cara membuat copy write atau naskah iklan, tampilan grafis yang menarik bagi pengunjung media sosial. Sehingga mereka percaya dan tidak merasa khawatir membeli produk atau jasa yang dijual. 

"Hal yang perlu dicantumkan ketika membuat iklan agar menarik yaitu pemberian garansi bagi konsumen, tampilan desain terlihat eksklusif dan berbeda, menjual emosi atau impian konsumen, menggunakan kata-kata hiperbola, berhadiah produk atau jasa yang tidak ada kaitannya dengan produk yang diiklankan," jelasnya.

Diterangkan pula bahwa iklan yang paling cepat sampai kepada konsumen yaitu iklan MLM (mulut ke mulut). "Usahakan orang yang ada di sekitar kita tahu produk dan jasa yang sedang dijual. Oleh kerena itu selain beriklan online seorang penjual produk juga harus bermasyarakat," tuturnya.

Salah satu peserta workshop, Sinta Ayu mengaku ilmu yang diberikan narasumber sangat bermanfaat bagi dirinya maupun mahasiswa lain. Selain itu materi yang disampaikan mudah dipahami. (Sofyan)

Baca juga: Meriahkan Dies Natalis ke-43, Fakultas Pertanian Unisri Gelar Pameran Hortikultura


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top