Kadisdik Kota Surakarta Resmikan “ANDALA LIBRARY” dan Perayaan HUT SMP Negeri 8 Surakarta

Print Friendly and PDF

Kepala Sekolah Triad Suparman, M.Pd saat membuka perayaan HUT ke-63 SMPN 8 Surakarta.

Kadisdik Kota Surakarta Resmikan “ANDALA LIBRARY” dan Perayaan HUT SMP Negeri 8 Surakarta

Solo- majalahlarise.com -SMP Negeri 8 Surakarta menggelar dua kegiatan yaitu peresmian “Andala Library” sekaligus merayakan HUT SMP Negeri 8 Surakarta yang ke 63 tahun. Untuk acara peresmian “Andala Library” berada di Ruang Aula sedangkan acara HUT Kreaanska (Kreativitas Anak SMP Negeri 8 Surakarta) di halaman SMP Negeri 8 Surakarta. Kamis (25/5/2023).

Sebelum acara peresmian “Andala Library” dimulai, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik SMP Negeri 8 Surakarta melakukan pembukaan HUT dengan kegiatan Kreaanska yang dikoordinatori Ch. Endah Setyowati, S.Pd.  berupa pentas seni, tarik suara, pertunjukan lainnya yang dilakukan oleh perwakilan kelas 7A-7H, 8A-8H, dan 9A-9H.  Bersama MC Cavan dan Fadilla, acara HUT juga melakukan P5 tema 3 Bangun Jiwa dan Raganya. Kreaanska dibuka dengan pemukulan gong oleh Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. pada pukul 07.00 – 09.00 WIB. Selanjutnya Peserta Didik istirahat dulu karena kegiatan dialihkan ke Ruang Aula.

Peresmian “Andala Library” dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan doa dipimpin oleh Abdullah Yusuf, S.Pd.I. Sebagai pembawa acara F.Nita Purwaningsih, S.Ag. dan Sutinah, S.Pd. kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Devina Thalita Martha kelas 8B.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rineta, S.T., M.Si. saat foto bersama usai meresmikan Andala Library.

Baca juga: HIMADI FISIP Unisri Gelar SRIPA 2023

Acara selanjutnya sambutan dari Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. mengucapkan rasa syukurnya atas peresmian Perpustakaan yang diberi nama Andala Labrary. Perpustakaan Andala mempunyai arti laut yang amat dalam (filosofinya samodra ilmu). “Andala Library” yang awalnya ada di lantai 2 sebelah utara, sekarang berada di lantai bawah sebelah selatan. Kepala Sekolah berharap agar “Andala Library” sekolah ini dapat mendukung terciptanya tempat menempuh ilmu pendidikan yang aman, nyaman, dan indah bagi para Siswa, Guru, serta semua warga sekolah.

Dalam acara ini, Kepala “Andala Library” SMP Negeri 8 Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd.bekerjasama dengan  Pustakawan, Lilies Resthiningsih, A.Md. dan para Guru dan Siswa. Turut hadir dalam acara ini para siswa sebanyak 20 orang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Pengawas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta, Komite. 

Kegiatan ini adalah bentuk komitmen Kepala SMP Negeri 8 Surakarta untuk memberikan inspirasi membangun, khususnya dibidang pendidikan, dimana Kepala Sekolah meyakini dengan meresmikan “Andala Library” yang menyediakan sarana dan prasarana akan membantu seluruh siswa dan siswi membuka cakrawala ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan didepan acara peresmian “Andala Library” SMP Negeri 8 Surakarta bahwa selaku lembaga pendidkan membawa misi untuk membantu mereka yang kurang beruntung, disini kami ingin membantu siswa dan siswi untuk membuka cakrawala ilmu pengetahuan melalui buku dan perpustakaan.

Selain itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Surakarta  juga menyampaikan apresiasi atas bantuan “Andala Library” dan ucapan terima kasih, semoga sekolah kami semakin baik fasilitas pendukungnya. Berturut-turut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rienata,S.T., M.Si. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta/ yang ditugaskan mewakili, Kurniawati, A.Ma.(Pustakawan Penyelia) dan Dyah Kuspandari, A.Ma.(Pengadministrasi Umum),  Komite, beserta semua yang hadir di sini, Kepala Sekolah juga menyampaikan dukungan atas acara ini.

Acara peresmian “Andala Library” SMP Negeri 8 Surakarta mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rineta, S.T.,M.Si. Pasalnya, peresmian Andala Library merupakan momen yang patut dibanggakan, dengan sarana prasarana tersebut dinilai dapat mendukung pembelajaran para siswa. Untuk itu Kadisdik Kota Surakarta meminta para siswa dapat memanfaatkan sarana prasarana tersebut dengan sebaik-baiknya, sebagai upaya mengembangkan kompetensi yang dimiliki. 

Perpustakaan harus selalu menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka. Ada jam pembiasaan  diwaktu pagi sebelum kegiatan belajar mengajar. Perlu diketahui bahwa  SMP Negeri 8 Surakarta sudah melakukan kegiatan tersebut selama sekitar 20 menit, yaitu melakukan literasi dengan membaca buku nonmapel dan membaca ilmu Agama yaitu kitab suci Al Qur’an untuk yang beragama Islam begitu juga dengan siswa yang beragama Kristen dan Katolik. 

Menurut Kadisdik, bahwa salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan HP adalah Perpustakaan. Oleh karena itu lokasi Perpustakaan menentukan prestasi yang luar biasa, susunan buku jangan monoton. Harapan beliau semoga semua ilmu yang ada di Andala Library bisa diresap oleh semua warga SMP Negeri 8 Surakarta. Bahkan tidak hanya siswa saja, namun juga dengan Guru. Ujung tombak sekolah juga ada di Perpustakaan. Ucapan selamat atas peresmian dan semoga Perpustakaan ini sesuai dengan namanya, benar-benar menjadi samodra ilmu.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rineta, S.T., M.Si. bahwa Andala Library menjadi bagian dari pembelajaran siswa. Untuk itu, perlunya sosialisasi pada siswa agar timbul antusias membaca. Jangan sampai sudah ada perpustakaan, malah tidak dimaksimalkan. Perlengkapan pendukung juga harus disuguhkan di Andala library, untuk menarik antusiasme para siswa datang dan memanfaatkan Perpustakaan sebagai sarana penambah ilmu dan wawasan.

 Sarannya agar dipersiapkan juga fasilitas pendukung sedemikian rupa, yang dihadirkan di perpustakaan. Jangan hanya buku, tapi harus ada hal lain yang menarik minat siswa. Di era digital, pihaknya mengimbau pada pengurus Perpustakaan, untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mendukung budaya literasi bagi para siswa.“Manfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Jangan sampai sudah punya sarana prasarana mumpuni, tapi tidak diimbangi dengan kualitas SDM, di sela-sela mengunjungi Ruang Perpustakaan.

Selesai memberikan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng  dan pengguntingan pita, penandatanganan Prasasti  sebagai tanda peresmian Andala Library yang dilakukan bersama-sama di depan gedung perpustakaan. Acara berakhir dengan pemberian apresiasi kepada Kepala Sekolah (Triad Suparman, M.Pd.), 3 Guru (Hetty Dwi Agustin, S.Pd., Sri Suprapti/Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta, Kawit Sulastri, S.Pd.,M.Pd.) 1 Siswa (M. Dzaky Abiyu) yang sudah memberikan koleksi buku yang sudah dipublikasikan di Andala Library, dan berakhir dengan ramah tamah foto bersama

Setelah selesai peresmian dilanjutkan kegiatan HUT di halaman SMP Negeri 8 Surakarta, yang berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dengan adanya kegiatan Kreaanska dalam memperingati HUT yang ke 63 SMP Negeri 8 Surakarta, semoga dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam menggali potensi diri untuk kemajuan sekolah. (Sofyan)


1 komentar:


Top