HIMADI FISIP Unisri Gelar SRIPA 2023

Print Friendly and PDF


Acara SRIPA 2023 dengan mengambil tema "Pemilu Sarana Penguatan Nilai- Nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Emas 2045".


HIMADI FISIP Unisri Gelar SRIPA 2023

Solo- majalahlarise.com -Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADI) FISIP Universitas Slamet Riyadi  (Unisri) Surakarta menggelar Slamet Riyadi Conference On Publik Administration (SRIPA) diikuti oleh 250 mahasiswa Prodi Administrasi Negara bertempat di Ruang Auditorium Unisri. Sabtu (13/5/2023).

Menurut ketua pelaksana, Febri Yudhistira, dalam laporannya menjelaskan bahwa  kegiatan ini merupakan program kerja tahunan di HIMADI, acara SRIPA 2023 dengan mengambil tema "Pemilu Sarana Penguatan Nilai- Nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Emas 2045". 

Adapun beberapa rangkaian kegiatan antara lain Lomba Penulisan Karya Ilmiah/ paper,  Penguploadan/ Reprosiding Karya ilmiah di jurnal berISSN terindeks google scholar dan Garuda IPI, dan Seminar Nasional sebagai puncak kegiatan SRIPA tahun 2023 kali ini.

Lomba Karya Ilmiah /paper ini berupa penelitian, critical review, refleksi teoritis maupun pratik sesuai tematik mengenai Pemilu Sarana Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Emas 2045. Paper terdiri atas tiga sub tema yaitu :

Persaingan ideologi politik menjelang pemilu 2024 , Penguatan arus politik dinasti pemilu 2024, Membangun kapabilitas political personal menuju sukses pemilu 2024.

Baca juga: Siswa SD Muhammadiyah 1 Surakarta Juara Tembang Tradisional Hardiknas 2023

Dalam proses perlombaan Karya ilmiah tersebut diambil yang terbaik dengan 2 kategori lomba Umum/ Dosen dan Mahasiswa dan diambil 5 hasil terbaik dari lomba penulisan karya ilmiah tersebut. Pemenang karya terbaik hasil lomba karya ilmiah dengan juara dalam kategori dosen yaitu Dr. Purbayakti Kusuma Wijayanto, S.sos, M.Si, (dosen AN UNISRI) sedangkan kategori mahasiswa dimenangkan oleh Daei Aljanni (Mahasiswa UNISRI).

Seminar Nasional dalam puncak SRIPA 2023 kali ini menghadirkan tokoh-tokoh Politik (Eksekutif dan Legislatif) antara lain Aria Bima (Wakil Ketua Komisi 6 DPR-RI ), Yulianto Sudrajat, S.Sos,.M.I.Kom (Komisioner KPU RI), Nurul Sutarti,SP., M.Si (Ketua KPU Kota Surakarta), Novi Carlina (Ketua HIMADI), Sri Lestari (Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas, Kesbangpol Surakarta) dan Drs. Mohammad Thoha S.Sos,.M.Si (Anggota Komisi 2 DPR-RI). Kami berharap kegiatan ini dapat  memberikan manfaat bagi semua mahasiswa Prodi Administrasi agar lebih baik lagi kedepannya.

Acara dibuka oleh Dr. Joko Pramono S.Sos,M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan kerjasama, dalam  sambutannya beliau Mengingatkan kepada para mahasiswa bahwa pada tahun ini kita memasuki tahun-tahun pesta demokrasi, serta menegaskan bahwa mahasiswa harus pandai dalam menyikapi hal-hal dinamika politik saat ini jangan sampai terjebak pada politik praktis yang tidak sehat dan mahasiswa harus memiliki gagasan serta kontribusi positif agar pemilu esok hari dapat menjadi ajang demokrasi yang bermartabat jelasnya. 

"Mahasiswa harus paham dan peka terhadap perpolitikan Indonesia saat ini" kata salah satu narasumber dalam seminar nasional, Mohammad Thoha S.Sos,.M.Si. (Sofyan)

Baca juga: Tim Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara Ajarkan Menulis Press Release 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top