SMP Negeri 8 Surakarta Talkshow Siaran Pramuka di Radio RIA FM Solo

Print Friendly and PDF

Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta saat Talkshow siaran di Radio Ria FM Solo.


SMP Negeri 8 Surakarta Talkshow Siaran Pramuka di Radio RIA FM Solo

Solo- majalahlarise.com -SMP Negeri 8 Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. pada hari Minggu tanggal 5 Maret 2023 menugaskan kepada Ch. Endah Setyowati, S.Pd sebagai pendamping dari siswa Zahra Endru Kusuma (8A), Orlin Amadeus (8E), Adiputra Arya Sena (8B), dan Satria Panji Pramono Sakti (8G), untuk mengikuti talk show siaran Pramuka di Radio Ria FM Kota Surakarta pukul 16.00 – 17.00 WIB.

Topik yang dibahas adalah Pembentukan Karakter melalui Kegiatan Berkemah dalam Kepramukaan. Talkshow ini sangat bermanfaat khususnya untuk para Pembina dan Pelatih dan Siswa-Siswi pada umumnya.

Tema di atas menjelaskan tentang rusaknya karakter anak jaman sekarang. Oleh karena itu dengan mengikuti Pramuka dan Kemah maka akan berubah menjadi anak yang berkatakter. Acara Dunia Anak di Radio Ria FM chanel 98,8 bersama Host Kak Indra sangat menarik sekali ketika memberikan pertanyaan yang harus dijawab oleh anak-anak dari SMP Negeri 8 Surakarta.

Pramuka itu penting, apa alasannya? Salah satu jawaban yang menarik adalah karena melakukan kegiatan Pramuka secara rutin bisa membentuk karakter anak menjadi baik. Hal ini bisa dibuktikan ketika adanya  corona, mereka mendapatkan pendidikan karakter hanya dari keluarganya saja. Bahkan anak-anak terlihat kurang disiplin, misalnya dalam kegiatan Pramuka hanya melalui zoom meeting, zoom hanya mengisi presensi saja. 

Foto bersama usai Talkshow.

Baca juga: Seru Bedah Komponen Kurikulum Merdeka

Tidak sepenuhnya mengikuti, apalagi kalau ada video PBB yang dikirim dan dipraktekkan, belum tentu semuanya akan melihatnya sampai berakhirnya video. Walaupun waktu pandemi untuk kelas 7 (tujuh) itu rurin dilakukan, dibantu oleh Kakak Dewan Galang.

Namun saat ini setelah pandemi, kegiatan rutin Pramuka dilakukan secara langsung pada hari Jum’at setelah selaesai Jum’atan. Kegiatan itu menambah antusias untuk membentuk karakter. Selain sebagai pembentuk karakter dengan Pramuka bisa bersosialisasi dengan teman lain (peduli sosial dan peduli orang lain). 

Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta, juga mengadakan perkemahan dan bakti sosial. Sebagai contohnya setiap siswa membawa 1 gelas kecil beras, dikumpulkan dan dibagikan ke masyarakat. Selain itu peduli juga dengan lingkungan, misalnya membersihkan selokan di depan sekolahan.

Perlu diketahui bahwa tanggal 5-7 Mei 2023 SMP Negeri 8 Surakarta, kelas 7 (tujuh) akan mengadakan perkemahan di Klaten. Di saat perkemahan akan dilakukan out bond, bakti sosial, lomba-lomba materi kepramukaan yang sudah diajarkan. Misalnya membuat flog untuk kegiatan Pramuka pada hari itu, lomba semaphore dance, melatih kreativitas agar bisa berkembang. Pembuatan pioneering, produk gantungan baju, ikatan/ rak sepatu, ini juga perlu tim untuk bisa bekerjasama.

Kegiatan perkemahan ini juga bisa dijadikan untuk pendalaman pembentukan karakter. Misalnya dalam mendirikan tenda, membutuhkan komunikasi berkelompok. Juga menggoordinasikan tentang memilih Ketua dan Wakil Ketua. Walaupun demikian perkemahan juga ada kendala yang harus bisa diatasi. Siswa kelas 7 sebanyak 200 an lebih, kebiasaan di rumah itu bebas sedangkan dalam perkemahan itu banyak aturannya.

Menurut siswa-siswi yang melakukan talk show, untuk memberikan penjelasan agar siswa-siswi suka dengan Pramuka dan Perkemahan antara lain dengan mengadakan pendekatan, menyampaikan dengan  ramah dan secara kreatif. Apabila promosi juga harus menepati janjinya. Sebelum materi diadakan ice breaking, membuat game-game yang seru-seru dan menyenangkan. Sedangkan cara agar semangat untuk berkemah yaitu menyatukan ide-ide, acara yang seru juga akan membentuk karakter, share acara/randown. 

SMP Negeri 8 Surakarta juga pernah  mengikuti lomba dan mendapatkan juara 3, prinsipnya “mengikuti lomba tidak harus menang, kalah menang urusan belakang, yang penting berusaha”. Dalam talkshow Siswa-Siswi memberi tanggapan dalam membagi waktu antara belajar dan latihan, bahwa mereka tetap belajar dengan rajin dan tidak menonton TV. Begitu juga tentang api unggun dalam perkemahan, selain seru karena ada pensi per regu (yel-yel, sesuai dengan kreativitas mereka), juga ketika ada kapur sirih benar-benar sampai ke hati. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan, sebagai simbol kebersamaan sesama anggota Pramuka.

Talkshow diakhiri pada pukul 17.00 WIB dengan pengumuman dari Kwarcab Kota Surakarta dan kesimpulan yang disampaikan oleh Pendamping, Ch. Endah Setyowati, S.Pd. bahwa kegiatan Pramuka dan Perkemahan sangan penting dalam pembentukan karakter, dengan  banyaknya materi yang menantang, jiwa nasionalis, dan kemandirian. 

Perkemahan akan berjalan lancar apabila ada dukungan dari Pimpinan dan Orang Tua. Tentunya atas dukungan Kepala Sekolah, serta Orang Tua akan terus-menerus meningkatkan kualitas kepramukaan di SMP Negeri 8 Surakarta dengan berbagai metode yang telah ditetapkan dalam ketentuan kepramukaan, Gerakan Pramuka bisa menjadi wadah investasi dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang tangguh dan tahan banting serta berkarakter. (Sofyan)


Baca juga: SMK Negeri 3 Sukoharjo Juara Umum Gladi Tegak ke-XVI Racana Univet Bantara




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top