Meriahkan HUT ke-25 SMAN 1 Pracimantoro Gelar Edu Expo Perguruan Tinggi dan Bazar Kewirausahaan P5

Print Friendly and PDF

 

Siswa kelas XII SMAN 1 Pracimantoro saat menerima penjelasan dari salah satu stand Edu Expo.

Meriahkan HUT ke-25 SMAN 1 Pracimantoro Gelar Edu Expo Perguruan Tinggi dan Bazar Kewirausahaan P5

Wonogiri- majalahlarise.com -Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 SMA Negeri 1 Pracimantoro yang mengangkat tema "Silver Felicity" menggelar Edu Expo Perguruan Tinggi 2023 dan gelar karya siswa berupa bazar kewirausahaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) selama dua hari, Selasa-Rabu (7-8/2/2023).

Edu Expo diikuti sebanyak 34 perguruan tinggi se-Jawa Tengah dan Yogyakarta yang memberikan informasi kepada siswa kelas XII mengenai program studi yang ada di kampus. Sehingga memberikan kemudahan pilihan bagi siswa yang berminat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sedangkan bazar kewirausahaan P5 merupakan produk karya siswa yang dipamerkan dan dijual kepada masyarakat.

Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Widodo, M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan siswa kelas XII diwajibkan berkunjung ke masing-masing stand Edu Expo yang dibuktikan dengan tanda tangan dari penjaga stand. Hal ini bertujuan siswa kelas XII mendapatkan pengetahuan serta berbagai rencana setelah lulus.

Salah satu stand bazar Kewirausahaan P5.

Baca juga: Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS di SMP Negeri 8 Surakarta

"Sedangkan siswa kelas X dalam kurikulum merdeka ada P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) ada beberapa topik salah satunya kewirausahaan yang puncaknya adalah aksi nyata berupa bazar kewirausahaan," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, orang tua wali diwajibkan berkunjung ke bazar wirausaha untuk mengetahui hasil karya anak yang dibekali secara praktik. "Kalau kedepannya siswa lulus tidak kuliah siap berwirausaha. Karena hidup itu penuh keyakinan menatap hari depan harus berani, mau bergerak dan berusaha," harapnya.

Disampaikan pula, selain kegiatan Edu Expo dan bazar wirausaha. Selama satu minggu dilaksanakan berbagai kegiatan menyemarakkan HUT ke-25 diantaranya pemilihan Kang Mas Diajeng, story talent, debat bahasa Indonesia, lomba bola voli putra putri SMA se-Kabupaten Wonogiri, festival anak sholeh dan lain-lain.

"Puncak HUT ke-25 SMAN 1 Pracimantoro hari Senin tanggal 6 Februari 2023 mengundang kepala sekolah yang pernah ada SMA Negeri 1 Pracimantoro. Kita minta doa restunya," terangnya.

Sementara, tim marketing Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta Margono menjelaskan keikutsertaan dalam Edu Expo ini sarana promosi memberikan berbagai informasi terkait program studi kampus. Strategi promosi yang digunakan selain mengikuti expo melalui internet media sosial, presentasi ke sekolah-sekolah, dan membagikan brosur kepada peserta yang mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri. Jika mereka tidak masuk perguruan tinggi negeri bisa memilih kampus UDB Surakarta.

"Dari tahun ke tahun mengalami peningkatan perolehan mahasiswa yang ada di UDB Surakarta. Tahun ini kita target ada 2000 calon mahasiswa yang masuk di UDB. Mudah-mudahan target terpenuhi," ungkapnya. (Sofyan)

Baca juga: LIK Unisri Gelar Sosialisasi dan fasilitasi HKI Sebagai Pendukung Kekayaan Intelektual di Perguruan Tinggi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top