Masjid Annur Huda Plumutan Gelar Pengajian Akbar Isra' Mi'roj

Print Friendly and PDF

Ustad Pujiono saat menyampaikan materi dalam pengajian akbar Isra' Mi'roj.


Masjid Annur Huda Plumutan Gelar Pengajian Akbar Isra' Mi'roj

Boyolali- majalahlarise.com -Masjid An-nur Huda Plumutan Salaan Teras Boyolali menggelar acara pengajian akbar Isra Mi'raj dengan mengundang ustad Pujiono selaku pembicara. Sabtu, 18 Februari 2023.

Satria Yudi Pratama selaku takmir masjid An-nur Huda mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Isra Mi'raj dengan tujuan dapat menambah keimanan dan ketakwaan para jamaah. "Kami mewakili takmir mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur dan seluruh jamaah yang telah membantu sehingga acara ini terselenggara dengan baik," terangnya.

Sementara perwakilan dari perangkat desa yang diwakili bapak Kadus menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas acara peringatan Isra Mi'raj ini semoga bisa menambah wawasan bagi para jamaah. 

Sementara ustd Pujiono dalam isian materinya menyampaikan mengambil hikmah dari Surat Al Isra' Ayat 1:

'Maha suci Allah yang telah memperjalankan seorang hamba (Muhammad shallallahu alaihi wasallam) di waktu malam dari Masjidil haram menuju Masjidil Aqsa yang diberkahi lingkungannya sesungguhnya Allah maha mendengar lagi maha mengetahui. 

Dari ayat tersebut bisa diambil pelajaran :

Pertama, Allah Menunjukkan Kuasanya  Maha suci Allah, Maka kita manusia harus bisa dan senantiasa memujinya. Dengan Tahmid, Tasbih Takbir dan tahlil. Amalan ringan namun banyak dilupakan orang yakni Subhanallah wal hamdulillah wala ilaha ilallahu Wallahu Akbar, La qaula wala quataila bilahil alizil 'adhim.

"Yuk, saat kita dzikir kepada Allah dengan khusuk, jangan tergesa-gesa diresapi," jelas Pujiono.

Kedua, yang telah memperjalankan seorang hamba. Tentunya ini diluar jangkauan nalar. Dan itu terjadi kita harus yakini. Perkembangan teknologi di era saat ini yang begitu canggih merupakan bukti bahwasanya hal itu adalah hal yang mudah tentunya bagi Allah. Umat Islam harus melek teknologi jangan hanya sebagai pemakai lebih-lebih di era 4.0 milenial saat ini. Umat Islam harus bangkit dan terus update perkembangan jaman. Dari perjalanan spiritual Nabi Muhammad ini, kita bisa ambil hikmah bahwa setiap manusia juga mengalami perjalanan spiritual ini. Perjalanan spiritual tiap manusia berbeda beda, maka kita harus menghormatinya. 

Ketiga, diwaktu malam peristiwa itu terjadi. Ada apa dengan malam, kita harus bedah  ternyata di Surat al Isra' ayat 79 :

 'Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Amalan Malam, di saat yang lain terlelap kita bangun menunaikan Shalat Lail, dan janji Allah pasti kita akan di tempatkan di Tempat yang terpuji.

Keempat, dari Masjidil Haram Ke Masjidil Aqsha. Wahyu sholat diterima Nabi Agung Muhammad SAW saat mi'roj. Bisa kita ambil hikmah supaya umat Islam mau dan mampu memakmurkan Masjid dan selalu menunaikan Shalat. Shalat adalah ibadah kunci, yang membedakan antara muslim dan kafir. Shalat adalah amalan yang pertama yang akan dihisab oleh Allah subhanahu wa ta'ala, maka tiada pilihan lain kita umat Islam harus mau menegakannya.

Kelima, meyakini peristiwa ini, karena ini adalah Linuriyatihi min ayatina ( Penjelasan bukti kekuasaan Allah)

"Insya Allah apabila penduduk bumi ini semua taat dan menunaikan perintah Allah maka negeri yang aman Qoriah toyibah baldatun toyyibatun warobbun Ghofur akan terwujud," demikian ustad Pujiono yang merupakan Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono menyatakan. (Sofyan)

Baca juga: SMP Negeri 8  Ikuti Kampanye Bagi-Bagi Stiker Dalam Peringatan Hari Sampah Nasional Tahun 2023 Kota Surakarta



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top