Adakan IISMA 2023 Preparation Lewat Ngorting, FSRD ISI Surakarta Siapkan Mahasiswa Sejak Dini

Print Friendly and PDF

Kegiatan bertajuk “Ngorting (Ngobrol Penting) IISMA 2023 Preparation” yang diselenggarakan FSRD ISI Surakarta.


Adakan IISMA 2023 Preparation Lewat Ngorting, FSRD ISI Surakarta Siapkan Mahasiswa Sejak Dini

Solo- majalahlarise.com -Sekitar 70 mahasiswa dengan sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan yang bertujuan untuk memberi informasi sekaligus persiapan lebih dini, civitas akademik Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta mengadakan kegiatan dengan tajuk “Ngorting (Ngobrol Penting) IISMA 2023 Preparation” yang bertempat di Gedung Sungging Prabangkara, Kampus Mojosongo FSRD ISI Surakarta pada Rabu, 16 Februari 2023, dimana secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang III, Ahmad Fajar Ariyanto, S.Sn., M.Sn.

Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan adanya program IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) yang merupakan skema beasiswa dari Kemendikbudristek untuk membiayai pelajar Indonesia dalam program mobilitas satu semester di universitas terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri, dimana diikuti sekitar 70 mahasiswa sebagai wakil dari 8 prodi di lingkungan FSRD ISI Surakarta.

Sebagai narasumber, yakni Rino Ardhian Nugroho, Ph.D. yang juga menjabat Kepala UPT Layanan Kerja Sama Luar Negeri Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pemateri pada diskusi kali ini, berbagi pengetahuan dalam membekali mahasiswa FSRD ISI Surakarta untuk mempersiapkan pendaftaran IISMA di Tahun 2023. Selain itu dalam materinya bahwa selain persiapan kemampuan bahasa Inggris yang baik, life skill dan kemandirian juga sangat diperlukan. 

Baca juga: Masjid Annur Huda Plumutan Gelar Pengajian Akbar Isra' Mi'roj

Selain itu, narasumber berikutnya sebagai awardee program IISMA 2022 dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, Nanda Aqshal Cendharana yang menceritakan pengalaman dari awal mendaftar program IISMA hingga proses belajar yang didapat selama di Vytautas Magnus University, Lithuania. “Walaupun prosesnya tidak mudah, tetap berusaha, karena akan worth it pada akhirnya” ungkapnya dalam menutup diskusi. Harapannya, dalam kegiatan ini dapat memotivasi serta untuk persiapan bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program IISMA Tahun 2023 atau program internasional lainnya. 

Sebelum kedua narasumber menyampaikan materi, diawali dengan pemantik dari Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds yang juga dosen Prodi DKV untuk memberi semangat agar mahasiswa untuk berani berkompetisi, menyalurkan hobi, dan meningkatkan kompetensinya.

Selaku ketua panitia Anisa Putri Cahyani, S.Pd., M.Pd yang juga dosen Prodi Desain Interior ini menjelaskan melalui kegiatan awal ini bertujuan untuk membimbing mahasiswa yang akan mengikuti program IISMA guna membangun kultur kolaboratif, kompetitif, dan produktif di lingkungan kampus.

Selanjutnya setelah kegiatan ini akan diupayakan kegiatan lanjutan berupa bimtek, persiapan test bahasa Inggris sampai submit program IISMA nantinya, sehingga diharapkan akan lebih banyak lagi mahasiswa dari FSRD ISI Surakarta yang lolos melebihi capaian tahun 2022 kemarin yang hanya mengirim satu mahasiswa. (Sofyan)

Baca juga: SMP Negeri 8  Ikuti Kampanye Bagi-Bagi Stiker Dalam Peringatan Hari Sampah Nasional Tahun 2023 Kota Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top