SMP Negeri 8 Ikuti Kampanye Bagi-Bagi Stiker Dalam Peringatan Hari Sampah Nasional Tahun 2023 Kota Surakarta

Print Friendly and PDF

Guru dan siswa-siswi SMP Negeri 8 Surakarta saat mengikuti kegiatan peringatan Hari Sampah Nasional tahun 2023 kota Surakarta.

SMP Negeri 8  Ikuti Kampanye Bagi-Bagi Stiker Dalam Peringatan Hari Sampah Nasional Tahun 2023 Kota Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2023 mengirimkan 8 Siswa-Siswi terdiri dari 2 laki-laki dan 8 Perempuan, mengikuti kampanye bagi-bagi stiker untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023 Kota Surakarta.

Perlu diketahui bahwa, sejarah asal mula HPSN yang diperingati 21 Februari adalah bermula dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang mencanangkan pertama kalinya, untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005. Karena pada tanggal 21 Februari 2005 terjadi peristiwa Leuwigajah, di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) menjadi momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan sekaligus memberikan dampak positif terhadap kontribusi upaya penurunan emisi gas rumah kaca. Acara yang dimulai pada pukul 06.30 WIB sampai selesai ini dilakukan di Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi No. 183 Surakarta. Peringatan hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023 ini tetap mematuhi protokol kesehatan, semua Peserta menggunakan pakaian Olahraga. 

Peserta yang diundang oleh DLH Kota Surakarta antara lain Perwakilan dari 29 Sekolah, BS Induk Kerja Nyata, BSU Gajah Putih, BSU Delapan Jaya Jebres, BSU Gulon Asri, BSU Rejeki Lestari, BSU DORA Pucangsawit, BSU Anggrek Danusuman, BSU Ngudi Rejeki Kerten, BSU Mbah Welas Jebres, BSU Gotong Royong Kerten, Komunitas World Clean Up Day (WCD), Rotary Club, Lion’s Club, Perkumpulan Masyarakat Surakarta dan Putra-Putri Solo Lingkungan.

Pembagian stiker Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (GPBLHS) Konservasi Air, Konservasi Energi, Penanaman Pohon, dan Sanitasi Drainase. 

Baca juga: SMAN 3 Surakarta Juara 1 Lomba E-Spot Turnamen MLBB  (Mobile Legend Bang Bang) Univet Bantara Sukoharjo

Salah satunya SMP Negeri 8 Surakarta yang akan beraksi jumput sampah di Bank Mandiri – Perempatan Sriwedari. Sebenarnya tanggal 21 Februari, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama. 

Namun kali ini untuk menyemarakkan dilakukan pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2023, bersamaan dengan adanya Car Free Day (CFD), agar lebih meriah. 

Perwakilan Peserta dari SMP Negeri 8 Surakarta, sejumlah 8 anak, didampingi oleh 2 orang Guru Pendamping yaitu Sutinah, S.Pd., dan Latifah Nugrahani, S.Pd. turut menyempatkan diri Kepala SMP Negeri 8 Surakarta. Triad Suparman M.Pd hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan yang dilakukan oleh Perwakilan Siswa- Siswi adalah aksi jumput sampah sekaligus mengedukasi masyarakat untuk peduli sampah melalui kampanye pengelolaan sampah “Samptamu, Samptaku”, yang artinya adalah sampahmu tanggungjawabmu sampahku tanggungjawabku. 

Dalam kegiatan ini Siswa-Siswi menukarkan sampah dan mendapatkan sepuluh (10) bibit tanaman Alpukat. Setelah selesai kegiatan, 10 bibit tanaman Alpukan langsung dibawa ke sekolah untuk selanjutnya ditanam di lingkungan sekolah. 

Selain kegiatan tersebut, Siswa-Siswi SMP Negeri 8 Surakarta juga melakukan kampanye dan membagikan stiker Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (GPBLHS) Konservasi Air, Konservasi Energi, Penanaman Pohon, dan Sanitasi Drainase. 

Acara yang dimulai pada pukul 06.15 WIB ini dan berkumpul di depan Loji Gandrung melakukan apel. Setelah apel, Siswa Sekolah Adiwiyata menuju lokasi masing-masing sesuai dengan Plotting area pengambilan sampah yang ditentukan. Kemudian kembali ke Loji Gandrung untuk menukar sampah dengan bibit tanaman. Penukaran sampah dengan bibit tanaman ini berakhir pada pukul 09.00 WIB.

Selamatkan lingkungan mulai dari tindakan anda sendiri, salah satunya dengan mengelola sampah dengan baik. Sampah dan limbah adalah musuh dari alam yang harus kita musnahkan. Selamat Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023. (Sofyan)

Baca juga: Peringati Isra Miraj, Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Ikuti Munaqasah Ibadah


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top